Kamis, 18 Februari 2016

Sepeda Motor : Sekilas Riwayatmu!

Kamu pasti punya sepeda motor kan. Tapi tahukah kamu bagaimana sejarah penemuan sepeda motor? Siapa yang menemukan sepeda motor? Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya. Di setiap negara memiliki alat transportasi (sepeda motor) ini. Dengan bermacam-macam merek atau tipe yang beredar di tiap-tiap negara.

Sepeda Motor Dan Sarung Tenun Ikat Di Daerah Pegunungan - Sepeda Motor : Sekilas Riwayatmu!

Di Indonesia sendiri, sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi yang paling diminati oleh semua kalangan, jika dibanding dengan alat transportasi lainnya. Selain praktis dan lebih cepat jika melakukan perjalanan jauh.  Harga untuk dapat memiliki alat transportasi ini pun masih dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Biar tidak hanya sebagai penggunaan sepeda motor saja, ada baiknya kamu juga perlu tahu tentang sejarah dan siapa di balik kendaraan roda dua ini. Mari simak ulasan hasil rangkuman asemolas berikut.

Siapa Penemu Sepeda Motor?
Berdasarkan informasi  yang diperoleh dari berbagai sumber, ada beberapa ahli penemu sepeda motor, yaitu:
  • Gottlieb Daimler (asal Jerman)
  • Edward Butler (asal Inggris)
  • Ernest Michaux (asal Perancis)

Asal Mula Penemuan Sepeda Motor
  • Sepeda motor dirancang pertama kali oleh Ernest Michaux pada tahun 1868. Tenaga penggerak yang direncanakan dan dirancang oleh Ernest yaitu mesin uap. Tetapi setelah melalui proses pengerjaan yang panjang proyek ini tidak berhasil.
  • Pada tahun 1885, Edward Buler mencoba menyempurnakan proyek sebelumnya. Edward membuat kendaraan lain yang menggunakan tiga roda. Kendaraan ini degerakkan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakar dalam.
  • Di tahun yang sama, 1885, Gottlieb Daimler, seorang ahli mesin asal Jerman. Gottlieb menggunakan mesin berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Dimana mesin diletakkan diantara roda depan dan roda belakang lalu dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Rakitan motor pertama dari sepeda kayu bermesin diberi nama ‘Reitwagen’ (Riding Car)‘Reitwagen’ merupakan sepeda motor pertama di dunia.
  • Pada zaman itu, orang belum mengetahui tentang sepeda motor. Anak Daimler merupakan orang pertama yang mengendarai sepeda motor sekaligus mencoba hasil penemuan ayahnya. Pada tanggal 10 November 1885, anak Daimler mengendarai sepeda motor dengan kecepatan mendekati 10Kpj (Kilometer per jam).
  • Pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman memperkenalkan sepeda motor model baru.
  • Tahun 1897, Werner Brothers, mengikuti jejak Henry, memperkenalkan sepeda motor model baru.

Sepeda Motor Pertama Kali Dipasarkan
Di tahun 1893, barulah sepeda motor mulai dipasarkan atau dijual untuk umum. Sepeda motor ini dibuat oleh pabrik sepeda motor 'Hildebrand und Wolfmuller' di Muenchen, Jerman.  Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Crankshaft biasa oleh para mekanik menyebutnya kruk as merupakan sebuah bagian pada mesin yang berfungsi untuk mengubah gerak vertikal atau horizontal dari piston menjadi gerak rotasi (putaran).

Seorang Perempuan Berselimutkan Mantel Plastik Dan Sepeda Motornya Di Saat Hujan - Sepeda Motor : Sekilas Riwayatmu!

Perkembangan Sepeda Motor
  1. Untuk pertama kali sepeda motor masuk ke kota New York, Amerika Serikat pad tahun 1895. Di tahun 1895 itu juga, seorang penemu Amerika Serikat bernama EJ Pennington di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor hasil desainnya sendiri. Sejak saat itu, akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah 'motorcycle (sepeda motor)'.
  2. Di Inggris, di tahun 1895, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris bernama Triumph memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun setelahnya, tepatnya 1902, perusahaan Triumph memproduksi sepeda motornyya pertama dengan menggunakan mesin dari Belgia. Dan di tahun 1905, barulah perusahaan Triumph memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.
  3. Pada tahun 1903, Arthur Davidson dan sahabatnya William S. Harley, membuat sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat. Jenis sepeda motor ini diberi nama 'Harley Davidson' sesuai nama pembuatnya.
  4. Di tahun 1904, Indian Motorcycle Manufacturing Company merupakan perusahaan milik Amerika Serikat yang berlokasi di Springfield, Massachusetts, hadir dengan sepeda motor Indian Single. Sampai Perang Dunia I (1914 – 1918), perusahaan Amerika Serikat ini merupakan perusahaan sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan kemudian merek Indian diambil alih oleh Royal Enfield.
  5. Sepeda motor BMW hadir dengan model roda belakang yang digerakkan dengan menggunakan Koppel (shaft drive).
  6. Setelah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson.
  7. Pada tahun 1930-an, ada hampir sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, diantaranya: Norton, Triumph, AJS, dan ada beberapa merek-merek lain yang tidak begitu terkenal, misalnya: New Gerrard, NUT, SOS, Chell, dan Whitwood.
  8. Sejalan dengan perkembangan sepeda motor di Eropa, dipengaruhi juga oleh Perang Dunia II (1939 – 1945), dimana sepeda motor dibuat dan diproduksi untuk keperluan militer. Setelah Perang Dunia II usai pada tahun 1946, seorang desainer Italia bernama Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa. Dan jenis sepeda motor ini langsung banyak menarik perhatian dunia.
  9. Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua langkah. Karena pengaruh suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang berbau tajam yang keluar dari knalpot, menyebabkan Honda mengembangkan menjadi mesin empat langkah.
  10. BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi penghasil sepeda motor terbesar di dunia. Pada akhirnya BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) pada tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an sampai saat ini, Honda tercatat sebagai penghasil atau produsen sepeda motor terbesar di dunia.
  11. Di tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang saat itu dikenal dengan nama 'cub'. Karena kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang lain diantaranya: Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki, akhirnya meniru model sepeda motor jenis bebek ini. Bentuk yang menarik, mesin yang handal, dan mudah dirawat dengan harga yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang yaitu Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki, menjadi sangat popular di dunia dan sampai saat ini mendominasi pasar sepeda motor dunia. Tapi perlu diingat bahwa nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang popular terutama di Amerika Serikat. Seperti sama halnya juga dengan BMW, Triumph, dan Ducati.
  12. Barulah pada tahun 1893, sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia. Sepeda motor tersebut dibeli oleh seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, bernama John C. Potter. Ia memesan sendiri sepeda motor tersebut langsung ke pabriknya di Muenchen.

Sejak tahun 1893 hingga saat sekarang ini, sepeda motor merupakan salah satu sarana transportasi yang diminati oleh kebanyakan orang. Apalagi di zaman sekarang ini, model serta tampilan yang disuguh oleh berbagai merek sepeda motor terus berdatangan dan membanjir pasar penjualan otomotif. Tinggal saja kamu suka dan ingin memilih jenis, model, dan merek yang mana yang tentunya sesuai dengan isi kantongmu kan.

Seorang Gadis Remaja Dan Sepeda Motornya Sedang Bergaya - Sepeda Motor : Sekilas Riwayatmu!

Related Posts

Sepeda Motor : Sekilas Riwayatmu!
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: