Jumat, 07 Oktober 2016

Tips Membuat Presentasimu Jadi Menarik

Apakah kamu pernah diminta untuk membuat sebuah presentasi? Apakah presentasimu menyenangkan? Atau, malah membuat audiens jadi malas dan ngantuk? Tentunya, hal seperti itu sangat tidak kamu atau siapapun harapkan. 


Gadis Belia Dan Gaya Presntasinya


Meski sudah dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sering kita melupakan satu hal. Apakah presentasi yang kita buat menarik untuk disimak? Jangan sampai rekan kerja, atasan, atau klien tidak bersemangat untuk mendengarkan karena tidak memahami isi presentasi Anda. 

Biar kejadian semacam itu (pendengar jadi malas dan ngantuk) tidak sampai terjadi pada saat presentasimu, mari intip ulasan berikut. Tips membuat presentasi jadi menarik bersama asemolas. 


Singkat Dan Jelas
Presentasi yang terlalu lama, panjang dan bertele-tele, akan membuat pendengar bosan. Jadi, usahakan waktu yang digunakan untuk menjelaskan materi sekitar 25 menit saja. Jangan gunakan kata-kata atau kalimat yang tidak efektif. Ungkapkan data yang terdiri dari angka-angka dengan lebih jelas.

Akan lebih mudah jika kamu membawakan presentasi dengan menggunakan metode mind mapping. Cara ini terbukti efektif membuat pendengarnya lebih mudah mengingat dan merekam informasi dari presentasi yang disampaikan.


Penyajian Lancar
Tak hanya materi presentasi yang harus disiapkan, kamu juga harus siap. Sudahkah kamu memerhatikan kata-kata yang sedikit sulit dan mengucapkannya dengan benar? Ini sering terlewat oleh kita. Saat harus mengucapkan istilah asing atau kata yang jarang kita ucapkan, kita malah terbata-bata.

Cepat atau lambat, cara kita berbicara juga menentukan orang terhanyut dalam presentasi. Lihat bagaimana seorang dalang membawakan cerita; kadang agak keras, kadang lembut. Kamu pun perlu begitu. 

Untuk itu, harus dan sangat perlu berlatih. Mintalah teman mendengarkan presentasimu dan minta juga masukannya. Saat bicara, hindari kedua tangan terjulur atau dalam posisi bebas. Ini bisa menghilangkan konsentrasi.


Gaya Presentasi Karyawan Kantor Yang Menyenangkan


Tambahkan Foto dan Gambar
Agar lebih menarik dan mudah dicerna, selipkan gambar animasi atau foto. Jika menggunakan slide, pahami isi slide satu persatu. Usahakan membuat cerita bersambung antara satu slide dengan slide lain.

Ingat, presentasi adalah komunikasi ide. Penyampaian yang mengalir lancar akan sangat memudahkan peserta menangkap pesan yang ingin disampaikan nantinya.


Kontak Mata
Saat presentasi, coba lakukan kontak mata dengan peserta. Sambil berbicara sesekali lemparkan pandangan ke arah mereka, bisa dari sisi kanan, tengah, atau kiri. Ini akan membuat kamu mengetahui apakah peserta tertarik mendengarkan atau tidak. 

Jika ada peserta yang berbicara sendiri atau melakukan aktifitas lain, acuhkan saja. Fokuslah pada materi yang kamu berikan agar konsentrasimu tidak hilang. 


Selipkan Humor
Presentasi yang terlalu serius memang terkesan menegangkan dan bikin bosan. Jadi, selipkanlah humor yang relevan dengan topik presentasi. Humor akan menyegarkan suasana dari rasa jenuh. 

Namun, jangan ungkapkan humor yang berlebihan. Ini akan membuat presentasi malah kehilangan makna. Perlu diperhatikan bahwa kamu sedang presentasi, bukan melawak.


Presentasi Bersama Tim Kantor


Buat Ringkasan
Setelah presentasi selesai, sebaiknya kamu memberikan sedikit ringkasan dari materi yang telah disampaikan tadi. Dengan begitu, peserta bisa kembali mengingat apa yang telah mereka dapat dari presentasi yang sudah kamu bawakan tadi. (CM)
~~

Itu tadi beberapa tips agar presentasimu jadi menarik. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat buatmu.
Jika ada saran ataupun komentar terkait artikel ini, bisa kamu tuliskan di kolom komentar.

Sampai jumpa di cerita dan tips berikutnya ya ;) 


Seorang Siswa Sedang Presentasi Di Depan Kelasnya


Related Posts

Tips Membuat Presentasimu Jadi Menarik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: