Selasa, 20 September 2016

Kopi Flores: Teman Aktivitas

Hallo Sahabat pembaca setia Ase Molas, co'o kreba leso ho'o? (bagaimana kabar hari ini?; sapaan hangat khas Flores khususnya Manggarai kepada sahabat atau orang yang sudah dikenal). Semoga makin sehat dan tambah sukses harapannya. 

Kopi Manggarai - Kopi Manggarai Dan Wae Rebo, Flores

Seakan tak pernah bosan dan jenuh,  Ase Molas kembali membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan tanah kelahiran, Mangggarai, Flores. Secara khusus tentang Kopi Flores. Yah, kopi Flores yang seakan memiliki cita rasa yang unik dan enak.

Biar tidak makin kacau pembahasannya, mari simak ulasan singkat bersama asemolas seputar 'Kopi Flores' berikut ini.      

Apa Itu Kopi Flores?
Pada artikel sebelumnya di asemolas sudah pernah dibahas secara umum tentang 'Kopi'. Bisa lihat pada 'Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 1'
Pada bagian itu sudah dipaparkan secara detail segala macam hal yang berkaitan dengan kopi. Misalkan tentang mitos, fakta, serta efek dari konsumsi kopi. 

Apa itu kopi secara umum?
  • Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah melalui proses panjang yaitu disangrai kemudian dihaluskan menjadi bubuk, kemudian bubuk kopi itulah yang nantinya diseduh dengan air panas. Cara penyajiannya bisa dicampur gula atau tidak tergantung selera dari masing-masing orang yang ingin mencicipinya
  • Kopi adalah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara, termasuk di dalamnya Indonesia.  Dua varietas pohon kopi yang sangat dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica)
  • Berdasarkan hasil catatan sejarah, penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia yang hidup di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kemudian kopi terus berkembang pesat hingga sekarang ini menjadi salah satu minuman paling popular di dunia yang dikonsumsi oleh hampir berbagai kalangan masyarakat
  • Kita di Indonesia sendiri pun telah mampu menghasilkan kurang lebih 400 ribu ton kopi per tahunnya. Sangat diakui bahwa kopi memiliki nilai rasa serta  aroma yang menarik dan menggoda selera untuk mencicipinya.

Jika itu tentang kopi secara umum, lalu bagaimana atau apa itu 'Kopi Flores?'. Jika dilihat dari paduan katanya 'Kopi' dan 'Flores' adalah:
  • Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica)
  • Flores, dari bahasa Portugis yang berarti "bunga" berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Flores termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan NTB, dengan luas wilayah sekitar 14.300 km²

Mungkin bisa ditarik kesimpulan kecil bahwa 'Kopi Flores' adalah kopi atau minuman yang berasal dari daratan Flores, Nusa Tenggara Timur. 

Kopi NTC - Kopi Asli Manggarai, Flores

Jenis-Jenis Kopi Flores
  • Kopi Manggarai Timur
Kopi Manggarai Timur adalah kopi yang berasal dari kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kopi Manggarai Timur ini dalam bahasa lokal atau bahasa daerah setempat disebut "Kopi Tuang"

Perubahan diksi, 'Kopi Manggarai' menjadi 'Kopi Manggarai Timur' ini atas dasar pada rujukan dari tempat keberadaan dan basis utama Kopi Manggarai (Kopi Tuang) itu sendiri. Perlu diketahui bahwa sudah sejak dulu dikenal bahwa basis utama produksi Kopi Manggarai atau Kopi Tuang ini di wilayah Kabupaten Manggarai Timur. Dimana Kabupaten Manggarai Timur ini merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Manggarai itu sendiri. Sumber : Penulis Patrys Anggo S. Sos/ManggaraiTimurKab

Hingga saat ini di kalangan masyarakat Manggarai Timur, kopi merupakan tanaman unggulan dan prioritas selain coklat, vanili, cengkeh, atau tanaman pertanian lainnya.

  • Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang tentunya berasal dari Kabupaten Ngada, Bajawa, Flores. Yah, Kabupaten Ngada merupakan kabupaten yang dikelilingi pegunungan baik yang masih aktif atau yang tidak aktif lagi. Namun tamanan kopi ini tumbuh dengan subur di daerah ini.

Kopi Arabika merupakan nama jenis kopi yang tumbuh dan hidup di daerah Bajawa. Rasa dan aroma kopi khas Bajawa ini tak perlu diragukan lagi. Sungguh enak dan takkan kalah nikmat dengan kopi Nusantara yang ada dan beredar di masyarakat Nusantara. 

Jenis kopi dari daerah Bajawa ini memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tak akan ditemukan pada kopi dari daerah lain. Karena saat kamu mencicipi kopi ini maka kamu akan menemukan dan menikmati aromanya khas yaitu ada sedikit aroma buah dan semacam bau tembakau. Unik kan?

  • Kopi NTC - Kopi Flores
Pada tahun 1991, salah satu perusahan ternama yang memproduksi kopi yaitu PT Nutraco Pratama Indonesia (NTC), melakukan pengolahan kopi. Pengolahan kopi asli Manggarai ini memiliki merek dagang atau mungkin bahasa yang pas 'nama pasaran' yang dikenal diantara masyarakat Flores adalah Kopi NTC. Kopi NTC ini biasa dikenal juga dengan nama Kopi Flores. 

Karena pengolahan Kopi NTC ini berasal dari kopi asli Manggarai, Flores; maka di tahun 1994 NTC (PT Nutraco Pratama Indonesia) mendapatkan penghargaan Achievement Award For Export dari Presiden Indonesia. 
Jenis kopi asli Manggarai yang dipilih untuk diolah jadi Kopi NTC adalah kopi Robusta dan kopi Arabika.

Kopi Manggarai - Biji Kopi Pilihan Yang Memikat Hati

Kopi Flores Dan Aktivitas Harian
Kebanyakkan orang-orang Flores atau yang berasal dari Flores suka dan mungkin tak bisa bekerja tanpa minum kopi dulu.  Aneh dan terkesan mungkin mengada-ada. Tapi sebenarnya inilah kenyataannya.

Sangatlah wajar hal ini terjadi. Karena sejak masa kecil, orang-orang Flores dan atau dari Flores sudah mulai meng-konsumsi atau minum kopi. Mungkin untuk ilmu kesehatan temuan semacam ini tidak bagus. Namun ini merupakan fakta di masyarakat dan mereka baik-baik serta sehat-sehat saja. 

Bagi orang Flores secara umum, kebutuhan akan minuman kopi sangat besar. Jika ditanya, 'berapa kali dalam sehari mereka minum kopi?' Jawabannya, akan membuat kamu terkejut. Sebab buat mereka, minum kopi itu ibarat makan nasi. Bisa tiga kali sehari (3 x sehari):
  • Pagi ( mulai bekerja)
  • Siang (kadang setelah makan siang)
  • Sore (sebelum makan malam atau setelah pulang kerja). 

Itulah kenapa banyak yang mengatakan bahwa 'kalau saya tir minum kopi rasanya pusing dan ngantuk e..' (Kalau saya tidak minum kopi rasanya pusing dan ngantuk). Jadi tidaklah salah jika dikatakan bahwa 'Kopi Flores adalah teman aktivitas'. 

~~~

Mungkin itu dulu tentang Kopi Flores sebagai teman setia kala kerja. Artikel ini diambil dari beberapa sumber terpercaya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kamu.

Jika ada informasi tambahan atau hal-hal lain yang berkaitan dengan tema tentunya, bisa kamu tuliskan di kolom komentar ya..


Salam Kopi Flores!!

Kopi Flores - Kopi Pemberi Inspirasi Kala Suntuk


Related Posts

Kopi Flores: Teman Aktivitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: