Minggu, 14 Februari 2016

Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

"Hai, nama fb-mu apa?" tanya sahabatku suatu ketika tak kala kami bertemu.
"Ohh, namanya Molas Lembor. Nanti di add ya," kataku.
"Yah, pasti. Tapi jangan lupa konfim, soalnya aku paham betul sifatmu.
"Iya, pasti akan ku konfim..hehe..", jawabku sambil tertawa kecil.
____________________________________

Lambang Facebook - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Sepenggal obrolan singkat di atas pasti tidak asing buatmu, hanya mungkin situasi dan caranya yang agak berbeda. Facebook, semua pasti tahu dan pasti memiliki akunnya. Mulai dari anak-anak usia sekolah dasar (SD) sampai yang sudah dewasa; tanpa melihat siapa, apa, atau darimana, dan sebagainya.

Cuma tahukah kamu, siapa tokoh hebat di balik akun facebook  yang sering kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain atau sahabatmu? Berikut asemolas mencoba mengulas tentang tokoh penting dibalik facebook. Disimak ya Kawan.

Pada bagian ini secara detail akan dijelaskan tentang siapa tokoh di balik akun facebook. Hal ini sengaja dibahas agar menambah wawasan atau bahkan mengasah kembali ingatan kita yang mungkin mulai mengabaikan tentang figur penting ini.

Semua orang di dunia ini sudah paham akan pentingnya  jejaring  sosial atau biasa disebut sosial media (sosmed) dalam dunia kerja. Hampir semua kita memiliki akun sosial media yang dapat menghubungkan kita dengan sahabat di berbagai belahan bumi; membantu kita dalam urusan kerja atau bisnis, atau bahkan ada yang menemukan pasangan hidupnya melalui sosial media. Jaringan sosial media ini merupakan jaringan dunia maya; dimana kita kadang berkenalan dengan orang baru tanpa melalui tatap muka. Atau kita menjalin relasi bisnis dengan partner kita tanpa bersua face to face.

Pemilik Perusahaan Facebook - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Friendster Dulu Baru Facebook
Sebelum muncul facebook, ada akun penghubung ke relasi yang mungkin saat sekarang ini sudah tak kita  gunakan lagi, atau bahkan mungkin ada yang belum pernah menggunakannya. Tak perlu merasa gaptek karena mungkin saat situs ini diluncurkan jaringan atau connection internet belum sampai ke daerah kita. Yah, mungkin untuk hal yang satu ini harus kita akui.

Situs jaringan pertemanan itu adalah Friendster. Apakah kamu pernah mendengar atau bahkan pernah menggunakannya? Atau ini merupakan suatu istilah asing dan baru buatmu?
Baiklah, entah kamu sudah dan pernah tahu; atau sama sekali belum, berikut pemaparannya biar diingat kembali jika sudah lupa ya.

Friendster adalah sebuah situs jaringan pertemanan sosial yang fokus utamanya  pada permainan dan musik. Friendster  ini berpusat di Mountain View, California.
Sebelumnya friendster dikenal sebagai situs jejaring sosial sebelum dirancang ulang. Layanan ini memungkinkan penggunanya  berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media  dengan anggota yang sudah bergabung dalam situs ini
Melalui situs tersebut, banyak orang-orang yang lama tak bersua, bisa kembali bersatu, reunian, dan bahkan berjodoh. Pada zamannya situs pertemanan ini beberapa waktu sempat sangat popular. Sangat tak heran jika setelah era suksesnya friendster, muncul berbagai situs jejaring sosial pertemanan diantaranya  facebook.

Dalam Suatu Acara Bersama Presiden Amerika Serikat - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Awalnya facebook dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus sang pembuatnya.  Mark Elliot Zuckerberg, figur yang menciptakan facebook.  
Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang pem-program komputer dan pengusaha Internet. Orang mengenalnya karena menciptakan  situs jejaring sosial facebook  bersama temannya. Didasari hal itu maka ia menjadi pejabat eksekutif dan presiden wikipedia.

Profil Pendiri Facebook
Nama lengkap : Mark Zuckerberg
Tempat dan tanggal lahir : White Plains, New York, Amerika, 14 Mei 1984 (30 tahun)
Istri : Priscilla Chan (menikah tahun 2012)
Orang tua: Karen Kempner - psikiater (ayah) dan  Edward Zuckerberg - dokter gigi  (ibu)
Tempat tinggal     Palo Alto, California dan berkebangsaan Yahudi
Pekerjaan  : CEO/Presiden Facebook
Facebook : MarkZuckerberg

Foto Bersama Keluarga Tercinta - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Kehidupan Tokoh Facebook
Ia mendirikan facebook  pada tahun 2004. Dengan tujuan utama pada saat itu adalah mencoba membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Situs yang ia ciptakan ini diberi nama facebook. Kenapa facebook? Karena ia terinspirasi dari nama sebuah buku yang wajib diberikan kepada mahasiswa baru atau pun staf fakultas baru yang tujuannya untuk bisa  mengenal orang lain dalam satu kampus.
Buku itu  berisi daftar anggota komunitas dalam satu kampus. Di negaranya pada sejumlah college (perguruan tinggi)  dan sekolah preparatory, buku ini disediakan khusus.

Moment Indah Dan Penting, Menikah - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Tentang Facebook
Situs ini hanya dibuat dalam waktu sekitar dua mingguan. Setelah itu ia lalu  mengumumkan situsnya dan menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Alhasil, hanya dalam hitungan waktu yang relatif singkat yakni sekitar dua minggu, facebook  sudah mampu  menjaring dua per tiga lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap. Keren kan.

Karena dilihat  facebook  mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, maka ia memutuskan untuk memilih drop out dari kampus untuk menekuni temuannya ini. Tapi dia tidak sendiri. Bersama tiga rekannya: Andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Dari situlah kemudian Mark membuka keanggotaan facebook untuk umum.
Mungkin buatmu aneh karena memilih drop out demi mengurus situs.Tapi perlu diketahui, ada banyak alasan kenapa ia memilih serius menangani facebook.

Mereka berhasil membuat facebook  jadi situs jaringan pertemanan yang segera melambungkan namanya, mengikuti tren friendster yang juga berkembang kala itu. Tapi Mark punya cara jitu untuk membuat facebook punya nilai lebih.  Facebook dikelola dengan cara menambah berbagai fitur.
Dari kelebihan fitur-fitur inilah yang membuat facebook  makin digemari. Hebatnya, sifat keanggotaan situs ini sangat terbuka. Hal ini yang membuat orang makin nyaman menggunakan  facebook  untuk mencari teman, baik yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan baru di berbagai belahan dunia.

Ketika Diundang Dalam Sebuah Acara - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Akhirnya tujuan utama yang merupakan misi Mark Zuckerberg terwujud. Misi-nya adalah membuat dunia terbuka: tertarik pada keterbukaan, menciptakan sesuatu yang dapat membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting, revolusi, aliran informasi, dan minimalisme.

Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook - Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook

Related Posts

Mark Zuckerberg: Adam-nya Facebook
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: