Kamis, 22 September 2016

Nasib Dalam Segelas Kopi Flores

Sahabat Ase Molas, selamat menikmati senja diantara tumpukan rutinitas yang mungkin memberikan sedikit rasa pening dikepalamu. Santailah sejenak, biar rasa lelahmu tidak lagi menggerogoti semangatmu. Mari bersama kita nikmati suguhan secangkir 'kopi Flores' yang selalu meneduhkan jiwa dan membangkitkan rindu. Hmm, sok puitis lah dikit!!

Kopi Flores - Minuman Khas Pemberi Inspirasi

Yah, kopi selalu memberikan warna dan rasa yang berbeda dalam aktivitas. Kecuali jika..'kamu tipe orang yang tak suka kopi'. 
Menurut para pecinta kopi; minuman itu selalu memiliki daya pikat tersendiri. Terkadang buat mereka, tak apalah tak ada teman untuk berbagi kisah; yang penting ada kopi ditambah sebatang kretek favorit buatmu yang suka merokok. 

Begitulah kopi! Selalu jadi pemikat hati. Dan berbahagia-lah kamu yang hatinya sudah terpaut dan terpikat. #Eitss, jangan sampai lupa pasangan jiwamu ya.

Oya, sampai lupa. Saat ini asemolas kembali lagi dan lagi membahas tentang 'kopi Flores'. Mudah-mudahan kamu tidak akan bosan membacanya; sebab barangkali kamu juga salah satu pecinta kopi. Disimak ya.


Flores Sama Dengan Kopi
Entah kenapa, sejak dulu orang-orang Flores itu selalu identik dengan kopi. Seakan kehidupan mereka (orang Flores) tak dapat dipisahkan dari minuman yang satu ini. Ibarat dua sejoli yang lagi kasmaran, yang seakan tak rela ditinggal walau cuma sedetik. 

Jika ditanya pada mereka (orang-orang yang dari Flores) tentang hal ini, biasanya jawaban yang akan diberikan sangat singkat, jelas, dan padat.. 'Sudah biasa sejak kecil!'. Selesai; tanpa penjelasan panjang lebar. (Baca juga: Kopi Flores: Teman Aktivitas)

Jika ditelusuri lebih jauh, alasan utama orang Flores suka dan selalu konsumsi kopi karena sebagian besar hasil pertaniannya; kopi. Sebab salah satu penghasilan terbesar dari penduduk lokalnya dari tanaman kopi (maksudnya menjual kopi). Sehingga tidaklah heran jika sejak kecil anak-anak Flores sudah suka dan terbiasa minum kopi. 

Khusus buat kamu yang sedang jatuh cinta dengan muda mudi dari Flores, itu sama artinya kamu harus belajar jatuh cinta juga dengan kopi. #Ups, tapi tidak wajib jika tak bisa. 


Kopi Bajawa - Perempuan Dan Kopi Flores



Pecinta Kopi Atau Bukan?
Tak ada yang spesial tentunya ketika kamu diberi atau mendapat julukan 'pecinta kopi'. Tapi paling tidak ini bisa dijadikan informasi buatmu biar bisa jadi tema obrolan menarik ketika berkumpul sama sahabat atau keluarga. Satu yang pasti, kamu juga penasaran kan pengen tahu. #Kepo deh kamu! 

Sekarang, apa kamu pecinta kopi atau hanya sekedar suka saja dengan minuman yang satu ini. Biasanya, kamu akan dijuluki 'pecinta kopi', jika kamu:
  • Sedikit paham tentang biji-biji kopi yang berkualitas baik, paham bagaimana cara pengolahan kopi, metode pembuatan kopi agar terasa enak dan nikmat saat diseduh.
  • Selalu punya prinsip; tak apa tak punya teman nongkrong. Asalkan satu, ada kopi.
  • Suka minum kopi tanpa gula (alias kopi pahit atau 'kopi pa'it', bahasa daerah Flores). Karena buatmu, kopi tanpa gula adalah kopi yang sesungguhnya.
  • Ketika terjaga dan terbangun di pagi hari, yang pertama terpikir selalu 'kopi'. Sebab buatmu, pagi tanpa secangkir kopi rasanya hambar dan hampa. 
  • Kapan dan dimana, dalam kondisi atau situasi apapun, kopi adalah sebuah minuman yang sifatnya wajib.
  • Ketika menikmati dan minum kopi, hingga tetas terakhir akan kamu habiskan. Karena tetes terakhir kopi pun memiliki arti yang sangat berharga buatmu.
  • Ketika ada tugas keluar kota atau jalan-jalan ke luar daerah, yang akan setia jadi bekal perjalanan selalu kopi. Sebab kamu kuatir di tempat yang kamu tuju, mungkin tak ada kopi yang seenak dan senikmati di tempatmu.
  • Di sosial mediamu akan selalu terpajang foto kopi sebagai penyemangat harimu.
  • Buatmu, kopi adalah teman dan sumber inspirasi.

Bagaimana, apa kamu pecinta kopi? Silakan tentukan sendiri karena tak ada yang bakal menilai dan mengejekmu jika memang kamu tidak masuk dalam kategori ini. 

Kopi Manggarai - Kopi Flores Pemberi Inspirasi


Kopi Dan Ramalan Nasib
Kamu suka kopi. Kamu juga pecinta kopi. Berarti kamu tahu atau mungkin pernah minta diramal melalui lika liku garis yang dihasilkan dalam segelas kopi. Maaf jika dugaan ini meleset. 

Semua orang tahu bahwa ramalan atau terawang nasib yang dilakukan oleh orang yang paham atau memiliki kemampuan lebih untuk membaca hal-hal itu terkadang tidak semuanya benar kan? Mungkin ada sebagian yang memang pas dan cocok dengan situasi yang kamu alami. Karena satu yang harus disadari bahwa 'nasib manusia, Tuhan yang tentukan'. Tinggal bagaimana kita (manusia) menyikapi dan menjalankan semuanya. 

Oya, istilah ramalan kopi (ampas kopi) sudah dikenal orang sejak zaman dulu. Sejak tanaman kopi itu ada; mungkin seperti itu. 
Untuk orang Manggarai, Flores (karna kebetulan Ase Molas orang Manggarai), istilah ramalan kopi itu biasanya disebut 'toto kopi' atau 'zelong kopi' (bahasa daerah orang Manggarai; artinya lihat kopi atau ramal kopi). Hingga saat ini masih dipercaya dan masih banyak yang suka melakukan dan melihat nasibnya melalui kopi.

Kebiasaan 'meramal kopi' bukan hanya menjadi kebiasaan masyarakat Flores. Sebab, dulu tradisi ramal kopi ini bermula dari orang Turki (Kopi Turki). Kemudian dari sana kebiasaan ini berkembang ke seluruh dunia dan akhirnya sampai di Flores. Tradisi 'ramal kopi' ini lebih dikenal dengan istilah "tasseografi"

Banyak hal yang bisa dilihat dari meramal kopi. Biasanya hal itu tergantung dari kebutuhan dan permintaan seseorang yang ingin dilihat atau diramal nasibnya. Hal-hal yang biasanya diterawang melalui gelas kopi, misalnya tentang:
  • Kehidupan sehari-hari
  • Rejeki
  • Masalah percintaan
  • Pekerjaan
  • Dan lain-lain

Wisata Flores - Tasseograpi Dan Kopi Flores


Yah, kamu pasti paham: sebelum diramal, kamu harus tentukan dan pikirkan dulu apa yang ingin dilihat ya. #Hehe, sekedar pengen tahu pastinya. Kalau pas biar tahu apa yang harus dibenahi dalam hidupmu. Kalau melenceng, tepis jauh-jauh biar tidak mengganggu aktivitasmu. 

Yang selalu diingat bahwa tradisi dan kebiasaan ini hanyalah sebuah bentuk ramalan yang terkadang hasilnya tidak sesuai dengan harapanmu. Jadi, bolehlah jika kamu ingin mencoba. Tapi tak perlu sampai stres dan pusing kepala memikirkan jika memang nanti hasilnya di luar harapanmu. Kembali lagi: 'ini hanya ramalan'.

~~~

Waduh, sudah kelewat panjang ceritanya. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat buat kamu. Dan juga semoga kamu adalah salah satu dari pecinta kopi. Biar sama kita nantinya.

Jika kamu punya informasi, komentar, atau saran yang berkaitan dengan tema di atas; silakan tulisankan di kolom komentar. Sampai bertemu di kisah selanjutnya.

Salam kopi Flores, Kawan!

Tour Flores - Flores Dan Kopi Flores

Related Posts

Nasib Dalam Segelas Kopi Flores
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: