Senin, 20 Juni 2016

Cunca Rede: Hiasan Kaki Gunung Ranaka

Berkisah.. teruslah berkisah tentang keindahan alam yang terpancar dari tanah kelahiranmu. Bercerita..jangan pernah berhenti karena dengan itu kamu ikut melestarikan dan mempromosikan budaya daerahmu.

Wisata Flores - Cunca Rede, Manggarai, Flores

Masih banyak panorama alam Flores yang belum diketahui banyak orang. Masih begitu banyak yang tersembunyi. Tak tersentuh oleh program-program pembangunan dan pelestarian pemerintah setempat. Bahkan mungkin terkesan enggan untuk dilirik karena kondisi jarak yang tak terjangkau. Diacuhkan karena terkendala jalur transportasi yang kurang bagus.

Atau alasan-alasan lain yang mungkin masih bisa diterima oleh masyarakat banyak. Apakah dengan kondisi ini membuatmu juga diam seribu bahasa? Apakah kamu juga malu berkisah tentang tanah kelahiranmu yang pada dasarkan memiliki berbagai macam keindahan? Mudah-mudahan tidak seperti itu ya..

Baiklah, tak perlu resah atau merasa terabaikan dengan semua itu. Mari hari ini kembali bersama asemolas, kita jelajahi dan ceritakan keindahan tanah kelahiran. Kali ini kamu akan diajak berkunjung ke "Cunca Rede".

Biar tidak penasaran, mari bersama travelling ke sana meski melalui kisah berupa tulisan singkat ini.

Apa Itu Cunca Rede?
Cunca Rede merupakan nama sebuah tempat wisata alam yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasi wisata alam ini tepatnya berada di Kampung Ntaur, Desa Sano Lokom, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores.

Jika dilihat dari arti kata dalam bahasa lokal atau bahasa ibu orang Manggarai; orang Manggarai merupakan salah satu suku yang mendiami Pulau Flores. Kata 'Cunca' berarti "air terjun". Sedangkan 'Rede' merupakan 'nama tempat wisata alam' tersebut'. Jadi, 'Cunca Rede' jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah 'Air Terjun Rede'. Terdengar lucu dan asing pastinya.

Banyak tempat wisata alam berupa 'cunca' atau 'air terjun' yang ada di tanah Flores, khususnya Manggarai. Seperti sebelumnya pernah dikisahnya, diantaranya Cunca Rami atau Tengku Lese . Dari semua cunca atau air terjun yang ada di wilayah Manggarai, Cunca Rede lah yang paling tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, Cunca Rede berada pada ketinggian kira-kira 70 meter.


Yang Unik Dari Cunca Rede
Tempat wisata Cunca Rede ini berada di Kawasan Taman Wisata Alam Ruteng atau KTWA. Untuk diketahui bersama, KTWA atau Kawasan Taman Wisata Alam ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Ruteng. Dimana Ruteng merupakan ibukota dari Kabupaten Manggarai.

Yang unik dari Cunca Rede ini, selain pemandangan alamnya yang begitu asri, air terjun atau cunca ini berada tepat di bawah kaki Gunung Ranaka. Yah, Gunung Ranaka merupakan salah satu gunung berapi yang ada di tanah Manggarai.

Pemandangan alam yang ada di sekitar Cunca Rede ini benar-benar masih alami. Di sekitar Cunca akan didapati tumbuhan-tumbuhan hijau yang seakan berfungsi sebagai selimut buat cunca ini. Warna airnya yang bening dan jernih dengan sebuah kolam pemandian yang selalu siap memanjakan dan menghilangkan rasa lelahmu saat menuju tempat ini.

Saat berada di tempat itu juga, kamu akan dihibur oleh musik dan nyanyian alam melalui suara kicauan burung-burung hutan, suara gemericik air yang jatuh dari dinding tebing, dan semilir angin yang berhembus perlahan. Semua itu akan membuat kamu makin dan kian betah berada lama-lama di tempat wisata yang satu ini.

Tour de Flores - Rute Menuju Cunca Rede, Flores

Akses Menuju Cunca Rede
Untuk mencapai tempat wisata cantik ini tidaklah sesulit dulu saat jalur transportasi belum baik dan lancar. Untuk saat ini sangatlah mudah untuk menuju ke Cunca Rede. Tentunya jika kamu memulai star perjalanan dari luar Pulau Flores, maka kamu harus dan rela mengeluarkan budget yang lumayan banyak.

Hal ini dikarenakan  kamu harus menempuh perjalanan yang agak panjang. Jalur yang bisa digunakan untuk mencapai Pulau Flores adalah bisa melalui jalur laut (menggunakan Kapal besar Tilongkabila atau pakai Kapal Ferry) atau menggunakan jalur udara (pesawat terbang).

Oya, kalau menggunakan jalur udara, pasti sangatlah cepat bahkan hanya dalam hitungan jam kamu sudah bisa mendaratkan kaki di Pulau Flores. Di sini rute penerbangan terdekat dengan lokasi mungkin Bandara Komodo, Labuan Bajo ya.. Untuk biaya tiket pesawat ke Labuan Bajo tentunya bisa kamu peroleh dengan cara sendiri, entah datangi langsung agen travel atau bisa juga searching via google untuk mengecek mungkin saja ada info tiket promo ke Labuan Bajo, Flores.

Nanti dari Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan bus umum atau sewa sepeda motor ataupun mobil yang ada di Labuan Bajo menuju Kampung Nta'ur, Desa Sano Lokom yang ada di Kecamatan Ranamese, wilayah Kabupaten Manggarai Timur. Atau bisa juga kamu kembali menggunakan jalur udara dari Labuan Bajo menuju Ruteng. Sebab jarak dari Kota Ruteng ke daerah wisata ini lumayan dekat.

Sedangkan, jika kamu memilih alternatif jalur laut, maka butuh beberapa hari untuk bisa sampai ke Pulau Flores, khususnya wilayah daerah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Tinggal sekarang dari kamu sendiri mau memilih rute yang mana; yang pasti disesuaikan juga dengan isi kantongmu.

Mungkin hingga saat ini, jalur transportasi hanya bisa sampai di Kampung Nta'ur. Sedangkan untuk bisa sampai ke Cunca Rede dibutuh fisik dan stamina yang oke karena kamu harus berjalan kaki kira-kira sejauh 1,5 kilometer menyusuri jalan setapak, berbukit, dan lereng.

Akan kamu abaikan rasa lelahmu saat tadi menyusuri lereng dan bukit, setelah tiba dan menikmati keindahan Cunca Rede yang selalu kamu rindukan. Dan mungkin buat yang baru ke sana, tempat wisata alam telah membuatmu penasaran dan seakan terus memanggil untuk bertandang.


Tips Menuju Cunca Rede

  1. Untuk kamu yang dari luar Pulau Flores dan mungkin belum mengenal daerah Manggarai, ada baiknya sebelum berangkat pelajari dulu peta lokasi atau rute perjalanan.
  2. Hubungi teman di daerah Manggarai, Flores (jika ada) dan atau hubungi salah satu guite dari program tour yang kamu ambil agar nanti tidak membuatmu bingung saat tiba di daerah Manggarai
  3. Sesuai juga rencana perjalananmu dengan kondisi atau cuaca alam. Sebab pada musim hujan cukuplah sulit untuk menjangkau daerah wisata tersebut
  4. Jangan lupa membawa bekal untuk dirimu sendiri
  5. Siapkan dan bawa perlengkapan seperlunya agar hal itu tidak sampai membebankanmu saat melakukan perjalanan ke sana

Baiklah, mungkin seperti ini gambaran tempat wisata alam Cunca Rede yang ada di daerah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jangan lupa jika kamu punya waktu luang, berkunjunglah ke sana agar rasa penasaranmu terobati. 


Jalan Jalan Ke Flores - Tempat Wisata Alam Cunca Rede, Manggarai

Related Posts

Cunca Rede: Hiasan Kaki Gunung Ranaka
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: