Sabtu, 28 Mei 2016

Pantai Ketebe: Terlupakan Di Sudut Manggarai

Bicara tentang keindahan Pulau Flores seakan tiada pernah habisnya. Banyak pesona alam yang masih tersembunyi dibalik lebatnya hutan belukar. Banyak karya indah Sang Pencipta yang masih terselubung di antara terjalnya jalan bebatuan. Banyak yang masih jauh dari jangkauan masyarakat umum.

Wisata Flores - Hamparan Pasir Putih Pantai Ketebe, Manggarai, Flores

Masih banyak tempat wisata di daerah Flores khususnya Manggarai; baik Manggarai Barat, Manggarai, maupun Manggarai Timur, yang belum diketahui dan dikenal oleh masyarakat umum, apalagi wisatawan asing. Seperti pada artikel sebelumnya tentang Mbalata: Yang Tersembunyi Di Manggarai merupakan salah satu tempat wisata yang indah dan harus dikembangkan serta dilestarikan untuk menambah pendapatan daerah setempat.

Karena masih banyak yang tersembunyi; karena masih ribuan yang terselubung membuat asemolas pun makin genjar berkisah dan bersuara tentang alam Flores. Hal ini dimaksudkan agar kamu juga tergugah untuk menyuarakan dan mempromosikan daerah Flores ke masyarakat umum.

Kali ini kembali kisah dari tanah Manggarai yang akan dibahas. Yah, masih seputar pesona pantai di Manggarai, Flores. Sebut saja: Pantai Ketebe.


Apa Itu Ketebe?
Apa kamu pernah mendengar tentang Ketebe? Atau, ini merupakan kata dan nama asing di telingamu? Yah, mungkin untuk hal ini kamu tidak bisa disalahkan. Bukan salahmu jika memang  nama Ketebe ini masih terdengar asing di telingamu. Mungkin ini sebagai penyebab tempat ini belum sering jadi topik pembicaraan banyak orang tak kala berkumpul bersama-sama.

Ketebe merupakan nama sebuah pantai. Pantai Ketebe ini terletak di daerah Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Lebih tepatnya berada di desa Robek, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai. Jika harus jujur, lokasi Pantai Ketebe ini lumayan jauh dari pusat kota.


Yang Indah Dari Ketebe
Setiap tempat wisata atau pantai tentunya memiliki ciri, keunikan, dan keindahan tersendiri. Hal ini yang membuat orang-orang penasaran dan tertarik untuk datang berkunjung tentunya. Begitu juga dengan Pantai Ketebe.

Tour de Flores - Sunses Di Pantai Ketebe, Manggarai, Flores

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah. Dengan hamparan pasir putih yang terbentang luas di depan mata. Pantai Ketebe ini terkenal dengan taman lautnya yang sangat indah. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sangat menyukai kegiatan laut, snorkeling misalnya. Atau kegiatan olahraga air lainnya.

Karena belumnya tersedia perlengkapan snorkeling, biasanya hanya dengan menggunakan sampan atau perahu nelayan yang ada di sekitar pantai, kamu juga sudah bisa melihat pemandangan taman laut dengan mata telanjang. Mungkin ini juga merupakan alasan bagi orang-orang yang sudah pernah bertandang ke tempat ini menjadi betah untuk berlama-lama dan bermanja-manja dengan alam yang tenang.

Pada musim tertentu, di pantai ini banyak ditemukan lobster. Lobster adalah salah satu hewan yang berbentuk unik, seolah-olah merupakan gabungan antara udang dan kepiting; karena mirip udang berukuran besar dengan capit mirip kepiting yang besarnya hampir menyamai badannya.
Pada musim itu banyak warga desa yang beramai-ramai turun ke pantai menangkap binatang ini untuk dijadikan menu pelengkap saat makan atau bahkan untuk dijual.

Selain menangkap lobster, para nelayan di sekitar daerah pantai biasanya menangkap ikan. Untuk menangkap ikan biasanya mereka menggunakan cara memancing atau menggunakan pukat. Hasil tangkapan ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Satu hal yang sangat disayangkan, keindahan Pantai Ketebe ini belum sepenuhnya mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah Kabupaten Manggarai. Hamparan pasir putih, eloknya terumbu karang, dan cantiknya pemandangan taman laut seakan dibiarkan begitu saja. Bak anak tiri yang dikucilkan dan diasingkan dari perhatian serta kasih sayang orang tua.

Akses Menuju Ketebe
Pantai Ketebe merupakan salah satu tempat pariwisata di daerah Manggarai bagian utara. Jika kamu datang dari Ruteng, kamu akan menempuh perjalanan kira-kira 2 sampai 3 jam dengan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 75 KM.

Akses ke tempat ini tidak sesulit tahun-tahun sebelumnya. Karena jalannya sudah diperbaiki meskipun tidak semulus jalanan di pusat kota. Namun paling tidak agak mempermudah para pengunjung untuk bertandang dan menikmati keindahan Pantai Ketebe.


Demikian dulu kisah indah dari Pantai Ketebe. Besar harapan, ke depannya Pantai Ketebe akan mendapat perhatian dan penanganan serius dari pemerintah daerah Kabupaten Manggarai. Sehingga kecantikan dan kemolekannya akan memberikan sesuatu yang bermanfaat buat daerah Manggarai tercinta.

Jalan-Jalan Ke Flores - Pantai Ketebe, Manggarai, Flores

Kalau kamu penasaran dengan tempat ini, silakan datang dan saksikan sendiri keindahan alamnya. Pasti kamu akan betah dan ketika pulang tersirat keinginan untuk kembali lagi ke sana. Mari bersama kita promosikan pariwisata di tanah kelahiran.

Jika ada masukan, saran, dan info yang baru berkaitan dengan artikel ini, bisa tuliskan di kolom komentar.

Related Posts

Pantai Ketebe: Terlupakan Di Sudut Manggarai
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: