Selasa, 26 April 2016

Mbalata: Yang Tersembunyi Di Manggarai

Mungkin sebagai orang Flores, masih banyak hal yang belum kamu ketahui tentang tanah kelahiranmu, tanah Flores tercinta. Banyak hal yang masih tersembunyi dan belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Yah, entah apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Apa sebagai orang Flores, kamu seakan enggan berkisah tentang indahnya panorama alam yang tersembunyi di sekitarmu?

Wisata Flores Dan Keindahan Pantai Mbalata, Flores

Apa kamu malu bercerita tentang Pulau Bunga yang katamu adalah kebanggaan dan bagian dari dirimu? Atau, karena kamu belum pernah bertandang ke tempat-tempat unik dan indah di Flores? Tentunya kamu punya pertimbangan dan pandangan sendiri tentang hal yang satu ini. Karena berkisah tentang budaya atau kekayaan yang ada di tanah kelahiran bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Namun, paling tidak asemolas berharap, kamu mau dan ingin belajar dan mengenal lebih dalam tentang budaya dan keindahan-keindahan yang ada di bumi Flores. Mari bersama asemolas, kita belajar mengenal lebih dalam dan mencintai budaya tanah kelahiran kita, Flores tercinta.  Kali ini asemolas mengajakmu untuk menikmati indahnya "Pantai Mbalata". 


Apa Itu Pantai Mbalata?
Apakah kamu pernah mendengar tentang nama pantai ini? Tahukah kamu dimana lokasinya? Atau, Pantai Mbalata merupakan nama asing di telingamu? Tidak perlu menyalahkan diri jika kamu belum tahu dan atau belum pernah mendengar tentang pantai ini. Mungkin hal ini disebabkan karena jarangnya orang berkisah tentang indahnya tempat ini. 

Pantai Mbalata terletak di Kabupaten Manggarai Timur, tepatnya di Desa Watunggene, Kecamatan Kota Komba. Jika dari Wae Lengga kamu bisa menempuh jarak kira-kira sekitar 2 kilometer. Sedangkan bila kamu start awal perjalanan dari Borong, maka jarak yang kamu tempuh untuk sampai ke tempat ini kira-kira sekitar 42 kilometer. 

Lokasi Pantai Mbalata ini sangat strategis. Lokasinya berada di jalur lintas Flores yang selalu ramai karena merupakan jalur transportasi utama penghubung antar kabupaten di Pulau Flores. Jalur transportasi untuk mencapai lokasi sudah bisa untuk semua jenis kendaraan. Pantai ini bermuara pada sungai Wae Wole. 

Jelajah Flores Dan Pondok Tempat Penginapan Di Pantai Mbalata, Flores

Keindahan Pantai Mbalata
Mungkin selama ini kamu hanya mengenal keindahan yang disuguhkan oleh pantai-pantai yang ada di beberapa tempat di daerah Manggarai yang sudah dikenal banyak orang. Mari coba sejenak melirik ke Pantai Mbalata yang juga memberikan beribu keindahan alam yang akan membuatmu nyaman dan betah untuk berlama-lama di sana. 

Pantai Mbalata yang ada di Desa Watunggene ini, memiliki keindahan pantai yang sungguh mempesona dan memikat hati tiap pengunjung yang datang. Pantainya memiliki pemandangan yang sangat fantastis dengan situasi yang benar-benar tenang dan damai. Kondisi pantainya benar-benar bersih dan masih alami karena belum banyak bangunan-bangunan untuk persiapan kedatangan wisatawan di sana.

Keindahan Pantai Mbalata sungguh membius tiap mata yang memandangnyaa. Dengan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisir pantai, laut biru dengan airnya yang  jernih, gugusan pegunungan yang seakan berbaris rapi di depan mata, dan hamparan padang penggembalaan yang terbentang hingga menyentuh bibir pantai. Suguhan pasir putih di pantai ini membentang sepanjang 5 kilometer; dari sisi timur hingga mencapai muara Sungai Wae Wole yang terletak di bagian sebelah barat.  

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk tempat istirahat dengan nuansa alam yang indah, dikelilingi kebun-kebun milik warga Desa Watunggene, dan bermahkotakan pemandangan cantik Gunung Inerie yang tinggi menjulang. Makin lengkaplah keindahan Pantai Mbalata dengan sambutan warga setempat yang sangat ramah dan bersahabat dengan tiap pengunjung yang bertandang ke pantai tersebut. 

Oya, sebelum memasuki daerah pantai, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau yang diselingi dengan barisan tanaman lontar diantara pematang sawah. Ada juga aktivitas para petani yang sedang memanjat pohon lontar untuk mengambil air nira yang akan dibuatkan sopi atau arak (moke dalam bahasa daerah setempat). Moke atau arak ini merupakan minuman khas masyarakat Flores yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan seseorang mabuk. 

Jalan-Jalan Ke Flores Dan Pemandu Wisata Pantai Mbalata, Flores

Mbalata Cocok Untuk Tempat Istirahat
Jika kamu ingin mencari tempat yang nyaman dan santai untuk beristirahat, maka kamu bisa datang dan kunjungi Panatai Mbalata ini. Di sana telah tersedia 5 buah cottages (pondok penginapan) yang disediakan khusus untuk para wisatawan yang datang dan berencana menginap di tempat itu. Tempat penginapan atau cottages itu dikelola oleh pihak swasta. 

Tempat ini sangat diurus dan dikelola dengan baik sehingga membuat nyaman dan betah tiap pengunjung yang datang. Di lokasi ini benar-benar disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dengan dibingkai oleh aktivitas petani dan nelayan di sepanjang kawasan sebelum memasuki area pantai. 

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Mbalata diantaranya berenang, berselancar, memancing. Atau kamu juga bisa memilih hanya bermain di tepian pantai sambil menunggu hadirnya sunset yang seolah mampu mengubah langit menjadi bentangan kain dengan warna-warni indah mempesona. 

Jika kamu penasaran dengan keindahan Pantai Mbalata, silakan datang dan kunjungi tempat ini di Kabupaten Manggarai Timur. Asemolas yakin, sepulangnya dari sana, kamu akan memiliki kisah dan cerita tersendiri tentang keindahan alam pantai ini. Dan kisahmu nanti akan makin membuatmu bangga telah menjadi bagian dari bumi Flores. 

Tour de Flores Dan Sejuknya Udara Malam Di Pantai Mbalata, Flores

Related Posts

Mbalata: Yang Tersembunyi Di Manggarai
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: