Kamis, 06 Oktober 2016

4 Cara Efektif Deteksi Kebohongan Pria

Sahabat pembaca asemolas, kembali malam ini saya akan mengangkat topik khusus tentang 'pria'. Informasi ini sepertinya akan sangat penting untuk kamu (entah pria ataupun wanita). Catatan kecil ini berjudul: "4 Cara Efektif Deteksi Kebohongan Pria". Mari simak bersama.


Pasangan Romantis


Seorang agen federal berpengalaman bernama: J.J. Newberry; pernah mengatakan bahwa "Kamu tidak perlu menjadi seorang detektif untuk mengungkap kebohongan pria".
Berangkat dari pernyataan tersebut, dapat dianalisa bahwa sebagai pasangan akan ada banyak cara untuk mendeteksi kebohongan pria. 

Berikut ada empat (4) cara efektif deteksi kebohongan pria. Diantaranya:

  • Ucapannya Tidak Konsisten
Apabila tiap kali kamu tanya dengan pertanyaan yang sama, dia akan menjawabnya tidak konsisten. Jika hal itu yang terjadi artinya ada sesuatu yang disembunyikannya darimu. Contohnya: saat kamu bertanya sedang ada di mana? Detik itu ia menjawab sedang rapat di kantor. Namun, sore harinya kamu tanya kabarnya lagi dengan cara dan kalimat yang berbeda. Dan dia akan memberi jawaban yang lain pula. 

Coba kamu desak lagi dengan mengatakan,"Tadi pagi kayaknya kamu bilang lagi rapat di kantor. Tapi kok sekarang kamu bilang bertemu dengan klien." Biasanya, dia akan ngeles alias mencoba menghindar atau bahkan beralih topik pembicaraan yang baru. 

Newberry kembali mengatakan seperti ini: "Ya begitulah pria. Ketika sedang berbohong, ia cenderung tidak konsisten terhadap pernyataannya."


Dua Hati Terpaut Cinta

  • Jawaban Terlalu Detail
Bila kamu hanya memberi pertanyaan sederhana, namun ia menjawab secara detail. Hal itu juga menunjukkan sebenarnya dia sedang berbohong. 

Misalnya, kamu bertanya, "Kok baru datang, dari mana saja?" Lalu ia menjawab, "Dari bengkel betulin mobil, mesinnya enggak bisa distarter. Eh, tadi di bengkel ketemu teman lama, teman SMP, ya sudah  ngobrol banyak hal jadinya. Kebetulan pemilik bengkel itu temannya. Yah, tidak enak kan ditinggal begitu saja. Jadilah kita ngobrol lagi sehingga jadinya telat sampai ke sini."

Terlalu banyak informasi yang dia berikan padamu. Menurut Newberry, jawaban seperti ini mengindikasikan dia sudah mempersiapkan jawabannya secara  rinci agar tidak ketahuan olehmu sebagai pasangan.

  • Gagap atau Speechless
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menangkap kebohongannya adalah dengan melontarkan pertanyaan yang tak terduga atau di luar konteks. Misalnya kalau kamu dan dia sedang seru-serunya ngobrol tentang film, coba selipkan pertanyaan lain. 

Kalau dia terlihat gagap, speechless, atau bahkan tidak mampu menjawab, itu tandanya dia sedang berbohong. 
"Sekitar 4% orang yang berbohong tidak akan bisa menjawab pertanyaan tak terduga dan di luar konteks," kata Newberry.


Bergandengan Tangan Untuk Satu Tujuan

  • Cari Tahu Kebenaran
Satu hal yang perlu diingat bahwa kamu juga sebaiknya jangan buru-buru berprasangka buruk dulu dengan kebohongannya. Pasalnya bisa jadi meski dia terindikasi berbohong, pasti ada hal yang dilontarkannya dengan benar. 

"Lebih penting mengetahui kebenaran daripada sebuah kebohongan. Dan sungguh lebih bijak jika sebagai pasangannya kamu mengetahui penyebab kebohongan pria lebih diutamakan, ketimbang mempermasalahkan kebohongan yang dia lakukan," kata Newberry

Karena itu, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui kebenarannya dan mencari penyebab mengapa dia melakukan kebohongan. 

~~

Kira-kira itu beberapa cara efektif deteksi kebohongan pria. Mudah-mudahn tips ini dapat bermanfaat dan makin membuat hubunganmu dengan pasangan kian langgeng.

Jika ada komentar atau saran terkait artikel ini, bisa tuliskan di kolom komentar. Selamat mencoba ;)


Bahagia Bersama Selamanya


Related Posts

4 Cara Efektif Deteksi Kebohongan Pria
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: