Kamis, 30 Juni 2016

Terjatuh: Ketika Dalam Mimpi

Siapapun itu, baik bayi mungil yang baru hadir ke dunia, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua yang telah pikun, selalu dan pasti pernah bermimpi. Biasanya mimpi tiap orang itu berbeda-beda. Tidak ada yang sama tentunya.

Arti Mimpi - Perjalanan Hidup Yang Dialami Seseorang

Kata orang, mimpi merupakan bunga tidur dari tiap orang. Ada pula yang mengatakan bahwa mimpi merupakan jendela penghubung untuk untuk melihat dan mengetahui apa yang dipikirkan oleh alam bawah sadar kamu.

Mimpi yang dialami tiap orang bermacam-macam bentuknya. Ada yang menyenangkan, menyedihkan, mengejutkan, membawa kebahagiaan, bahkan ada juga yang mengerikan. Dan biasanya mimpi itu terjadi begitu saja tanpa kita duga sebelumnya. Seakan semuanya itu berjalan begitu saja seperti air mengalir.

Dan perlu disadari bahwa tidak semua mimpi itu bisa kita ingat; apalagi jika diceritakan kembali. Kali ini asemolas ingin mengulas tentang arti mimpi jatuh. Agar tidak makin tak jelas pembahasannya, mari bersama simak ulasan hasil rangkuman berikut ini..

Mengapa Harus Mimpi?
Mungkin diantara kamu punya harapan yang sama, mengalami dan bermimpi hanya tentang hal-hal yang indah-indah dan menyenangkan. Apalagi jika kamu sedang kasmaran atau sedang mengalami perasaan jatuh cinta dengan seseorang. Tentunya kamu sangat berharap agar sang pujaan masuk dan hadir dalam mimpi malammu. Akh, terdengar romantis sekali..

Tetapi bagaimana jika sebaliknya? Kamu mengalami dan bermimpi tentang sesuatu yang menyakitkan dan mengejutkanmu? Sesuatu yang dapat memberikan rasa takut yang teramat sangat padamu? Sesuatu yang membuatmu tidak tenang setelahnya dan bahkan hal tersebut sampai mengganggu kegiatan rutinitasmu?

Misalkan kamu bermimpi jatuh dari tempat tinggi. Dalam mimpi itu kamu merasa seakan-akan mau mati. Karenanya secara refleks kamu terbangun dan kemudian mengelus-elus dada karena shok atau kaget. Lalu bersyukur ternyata itu hanya mimpi. Bukan kenyataan. Namun hal itu terkadang tak bisa membuatmu kembali tidur kan? Yang ada setelahnya, kamu mulai mengingat bagaimana mimpi itu dan apa artinya.

Saat kamu mengalami mimpi seperti itu atau mimpi buruk; mungkin akan terbersit pikiran dan harapan untuk tidak sama sekali mengalami mimpi. Karena terkadang hal-hal dalam mimpi akan menguras energimu untuk mengingat, merenung, dan berpikir setelahnya. Yah, harus diakui juga ketika mengalami mimpi menyenangkan dan membahagiakan pun membuat seseorang tak bisa tidur karena berkhayal. Berharap yang indah di mimpi terjadi di alam nyata kan?

Hal itu wajar dan itu baru namanya manusia. Karena pada dasarnya, tidak hal yang tidak dipikirkan oleh manusia yang hidup.
Tentang mimpi, seorang ahli psikoanalisis, Sigmund Freud mengatakan bahwa alam bawah sadar seseorang sebenarnya merupakan cerminan dari sesuatu yang ada dalam diri orang tersebut.
Jadi, mimpi itu merupakan cerminan diri seseorang.

Tafsir Mimpi - Tidak Ada Seorangpun Ingin Hidup Sendiri

Arti Mimpi Jatuh
Setiap mimpi yang dialami seseorang memiliki arti tersendiri. Begitu juga dengan mimpi jatuh; jatuh dari tempat tinggi. Mimpi jatuh mempunyai beberapa arti.

Takut Kehilangan Sesuatu
Jika kamu mengalami mimpi jatuh, coba kamu refleksi dan evaluasi lagi tentang perjalanan hidupmu. Apa mungkin kamu sedang berada pada suatu situasi dimana kamu sangat ingin melakukan hal-hal yang lebih dari keadaan yang sedang kamu alami saat ini. Atau, mungkin kamu tengah berada dalam satu kondisi sulit dan kacau. Kamu lepas kendali dan tidak bisa mengontrol lagi emosi dalam dirimu.

Bisa juga, kamu terlalu berharap dan tak ingin agar orang-orang di sekitarmu menjauh dari kehidupanmu. Coba kamu selesaikan semua ini dengan baik sehingga kamu merasa aman, nyaman, dan tenang. Karena jika beban dan persoalan itu selesai, maka mimpi jatuh itu pun tidak terulang kembali.

Dalam Kondisi Stres Dan Depresi
Hal ini bisa diartikan bahwa situasi dan suasana hatimu belakangan ini sedang tidak baik. Kamu tengah berada dalam suatu kondisi dimana hal-hal yang terjadi itu membuatmu benar-benar stres dan bahkan sampai menimbulkan depresi dalam diri.

Jika demikian, maka arti mimpi terjatuh ini sebagai pengingat agar kamu segera mencari bantuan terapi untuk kembali menetralkan perasaan dan suasana hatimu. Dengan bantuan terapi secara perlahan mimpi-mimpi buruk yang terus menghantuimu selama ini akan hilang secara pelan-pelan.

Butuh Dukungan Orang Lain
Apabila kamu pernah mengalami mimpi jatuh dari tempat tinggi atau mimpi jatuh, mungkin kamu sedang membutuhkan kehadiran seseorang. Harus disadari bahwa siapapun yang hidup di dunia ini pasti buth teman atau orang lain. Hal itu desebabkan karena setiap orang membutuhkan dan mengharapkan seseorang untuk mendukung dan memberikan dia motivasi di tiap situasi hidup yang dilaluinya.

Hal ini tidak dapat dipungkiri dan diingkari seseorang. Karena dukungan dan motivasi dari seseorang untuk kita sangat besar dan dalam artinya. Apalagi jika hal itu didapat dari seseorang dan atau orang-orang yang sangat kita sayangi dan harapkan.

Namun, ternyata tidak sesuai dengan harapanmu. Tidak seorangpun ada dan mendukungmu. Kondisi ini menyebabkan kamu merasa sendiri dan kesepian. Dan situasi ini terbawa sampai ke dalam mimpi. Dimana saat itu kamu sudah tak sanggup dan tidak mampu dengan perasaan yang sedang kamu hadapi; kamu bisa saja dengan mudah jatuh dan terpuruk kapan saja.

Reaksi Alami Tubuh
Mungkin kamu pernah mengalami hal ini. Saat kamu tengah terlelap dalam tidur, tiba-tiba tubuhmu seakan-akan terkejut sendiri karena kamu merasa seolah-olah terjatuh dari suatu tempat. Hal ini bahkan bisa membuatmu terjaga atau terbangun dari tidur pulasmu sebentar karena kaget, namun kemudian kamu bisa tidur kembali.

Menurut penjelasan para ahli, hal ini sangat wajar terjadi. Sebab dalam kondisi tidur, tubuh kamu akan berusaha rileks; terkadang otot yang sering bergerak akan secara spontan dan refleks tersentak. Terutama hal ini sering terjadi pada saat seseorang tengah mengalami mimpi terjatuh dari suatu tempat.

Yah, itu tadi beberapa penjelasan akan arti mimpi jatuh. Mudah-mudahan artikel atau ulasan ini dapat bermanfaat buat hidupmu hari ini dan ke depannya.
Jika ada masukan, saran dan kritik, mohon sampaikan dan tuliskan di kotak komentar.  

Mimpi Jatuh - Setiap Orang Selalu Butuh Orang Lain Dalam Hidup


***

Related Posts

Terjatuh: Ketika Dalam Mimpi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: