Senin, 21 Maret 2016

Ketika Masuk Angin Mengganggu

Kamu pasti pernah merasakan masuk angin kan? Atau, kamu merupakan salah satu dari orang hebat dan super yang tidak pernah sakit? Sungguh itu tidaklah mungkin. Kisah itu hanya cerita dongeng penghantar tidur anak kesayangan. Atau, cerita itu hanya rekayasa skenario sebuah film. Sebab tidak ada seorang pun manusia yang tidak pernah sakit kan. Kecuali jika ia merupakan manusia robot.

Namun jangan salah, karena robot juga bisa sakit. Misalnya jika ia terserang virus atau mungkin mengalami kerusakan-kerusakan kecil. Tapi bukan itu yang ingin asemolas bahas hari ini. Topik singkat kali membahas secara khusus tentang masuk angin.

Pola Tidur Yang Teratur Dapat Membuat Tubuh Sehat

Jika kamu pernah merasakannya maka kamu mungkin memiliki jawaban yang hampir sama dengan saya. Tidak enak dan menyakitkan. Yah, tidak ada sakit yang enak dan membuat orang bahagia tentunya. Sebab saat sakit, segala aktivitas dan rencana yang sudah dijadwalkan akan jadi berantakan semuanya.

Apa Itu Masuk Angin?
Masuk angin merupakan suatu penyakit yang diakibatkan karena berkumpulnya sejumlah gas yang tidak merata di dalam tubuh seseorang.
Jika dilihat dari gejala yang dialami seseorang yang sedang masuk angin, penyakit ini nyata; namun secara medis belum ada bukti yang mendukung hal ini.

Terkadang jika diperhatikan, penyakit ini sedikit mirip dengan penyakit influenza jika ditinjau dari gejala dan penyebab terjadinya yang terlihat hampir mirip.
Dari pihak medis, penyakit ini dianggap sebagai mitos tetapi fakta yang terjadi adalah banyak orang yang menderita dan mengalami sakit ini.

Satu yang perlu disadari bahwa penyakit ini dapat membawa dampak burukbagi tubuh dan bahkan tubuh kita akan menjadi drop. Jika sudah mengalaminya maka perlu waspada dan harus segera diobati.

Penyebab Masuk Angin
Banyak hal yang membuat seseorang terkena masuk angin, diantaranya:
Udara dingin yang berlebihan
Yang dimaksud dengan udara dingin yang berlebihan misalnya: berada di ruang AC yang terlampau lama dengan keadaan perut kosong atau belum diisi makanan atau minuman hangat. Terkena hujan, suka menahan kentut atau kurang kentut. Atau mungkin cuaca yang terlalu dingin dapat menyebabkan seseorang juga mudah terserang masuk angin.

Terlambat makan
Jangan salah bahwa jika kamu suka terlambat makan maka hal itu dapat menimbulkan penyakit yang satu ini. Mungkin ini merupakan masalah sepele buat kamu, tetapi jika terus dibiarkan maka lama kelamaan akan menjadi penyakit yang serius. Sebab jika perutmu kosong maka mudah sekali tubuh kamu drop dan perut kamu akan menjadi kembung karena sudah lebih dulu terisi gas.
Jika sudah seperti itu maka yang terjadi kamu akan malas dan bahkan tidak mau makan, karena aka nada rasa mual dan perut terasa penuh.

Kelelahan
Perlu diperhatikan juga kondisi tubuh kamu dalam melakukan dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Usahakan jangan terlalu lelah. Sebab tubuh jika dalam kondisi capek akan sangat mudah masuk angin. Jadi butuh istirahat yang cukup biar tetap sehat dan fit.

Stress Atau Banyak Pikiran
Mungkin untuk hal yang satu ini gampang-gampang susah. Karena tidak ada satu pun orang yang ingin hidupnya penuh beban. Karena hal tersebut sangatlah tidak menyenangkan. Namun, keadaan ini tidak bisa ditebak kapan atau bagaimana datangnya.
Sarannya, jika kamu sedang dalam kondisi ini ada baiknya tetap diperhatikan pola makan dan istirahat agar tidak sampai menimbulkan penyakit baru yang malah akan membuat kamu makin terbebani.

Gejala Masuk Angin
Ada bermacam-macam gejala masuk angin. Mungkin kamu juga sudah mengetahui dan mengalaminya.
  1. Hilangnya napsu makan
  2. Badan terasa tidak enak (kadang menggigil atau meriang)
  3. Buang angin / kentut dan bersendawa jadi susah
  4. Rasa mual bahkan sampai muntah
  5. Sering keringat dingin
  6. Perut terasa penuh atau begah dan kembung
  7. Kadang timbul demam
  8. Sakit perut atau diare
  9. Cepat capek atau lelah
  10. Lebih cepat atau lebih sering ngantuk

Aktivitas Yang Padat Dapat Menyebabkan Masuk Angin

Siapa Yang Mudah Terserang Masuk Angin?
Kamu akan sangat mudah terserang atau terkena masuk angina jika kamu teratur mengatur pola hidupmu. Karena seseorang dapat dengan mudah terkena masuk angin jika orang tersebut:
  1. Sering begadang
    Jika kamu termasuk tipe orang yang selalu begadang, cobalah untuk mengubah kebiasaan itu. Sebab begadang merupakan satu kebiasaan buruk yang dapat memberikan dampak buruk buat kesehatan kamu. Tanpa disadari bahwa ketika kamu bergadang sebenarnya kamu telah memaksa tubuhmu untuk tetap segar dan berusaha dengan segala macam cara menahan kantuk. Alhasil tubuh kamu akan cepat merasa lelah dan dengan itu penyakit akan mudah masuk sebab tubuh sudah drop.
  2. Kurang cukupnya waktu untuk istirahat atau tidur
    Satu hal yang perlu diingat dan diperhatikan bahwa tubuh manusia butuh istirahat. Jadi, agar terhindar dari gangguan-gangguan penyakit yang nanti bakal jadi penghalang rencana yang sudah kamu jadwalkan, perlu dilihat dan diatur kembali pola istirahatmu. 

Cara Pengobatan Masuk Angin
Banyak yang beranggapan bahwa ini merupakan penyakit sepele yang kadang mungkin sering diabaikan. Namun kamu harus tetap waspada sebab terkadang masalah sepele jika terus diabaikan akan menjadi masalah yang serius.

Biasanya jika sudah terserang dan terkena masuk angina cara pengobatannya mungkin tergolong sederhana. Biasanya yang dilakukan orang-orang untuk meredakan dan menghilangkannya adalah:
  • Minum tea hangat atau air hangat untuk menghangatkan tubuh dan terkadang dapat membuat yang bersangkutan dapat bersendawa atau mengeluarkan gas di perut.
  • Minum air jahe hangat untuk mengeluarkan gas-gas dalam tubuh
  • Diurut atau tubuhnya digosok dengan minyak kayu putih / minyak telon atau terkadang ada yang minta dikerok
  • Jika sudah agak enakan badannya, yang bersangkutan diberikan makanan yang hangat agar perut yang kosong kembali terisi.

Cara Mencegah Masuk Angin
  • Atur pola makan dan istirahat agar tubuh selalu fit dan sehat
  • Hindari minuman beralkohol
  • Ada baiknya jangan mengkonsumsi minuman kopi sebelum makan
  • Gunakan penghangat tubuh jika berada di daerah yang cuacanya dingin
  • Pakai jaket jika sedang mengendarai motor; terutama jika ingin melakukan perjalanan jauh

Kesehatan Merupakan Kunci Hidup Bahagia

    Related Posts

    Ketika Masuk Angin Mengganggu
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan via email

    Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: