Senin, 22 Februari 2016

Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 3

Kopi seakan memberikan efek candu bagi segelintir orang yang sudah pernah merasakannya.  Mengapa demikian? Buat para penggemar kopi, tidak akan lengkap rasanya hari itu jika tanpa kopi sebagai penyemangat dan pembuka hari. Atau mungkin ada alasan-alasan lain dari tiap penikmat kopi tentang kesetiaan mereka dengan minuman yang satu ini. Sebab tiap-tiap orang punya cara dan gaya tersendiri untuk mengungkapkan perasaannya atau ketertarikkannya terhadap sesuatu hal yang bisa membuatnya nyaman dan bahagia.

Ketika Sedang Serius Bekerja, Kopi Jadi Teman Setia - Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 3

Asemolas masih berlanjut membahas tentang rahasia yang tersimpan dibalik segelas kopi. Mari simak kembali.

Apa Efek Jika Anak-anak Suka Minum Kopi?
  • Susah Tidur atau Insomnia
Mungkin kamu sering menemukan anak-anak yang sejak masih sudah minum kopi? Apakah dulu kamu juga seperti itu? Kopi merupakan stimulant yang membantu menjaga tubuh menjadi aktif dan energik. Untuk anak-anak yang sudah kecanduan minum kopi, mereka akan mengalami masalah susah tidur atau insomnia. Hal ini memberikan dampak buruk untuk masa perkembangan dan pertumbuhan mereka dimana sudah sejak dini mereka mengalami dan merasakan gangguan tidur. Ini merupakan salah satu efek samping dari pemberian kopi buat anak-anak kecil.

  • Tulang Keropos
Salah satu faktor yang ditimbulkan karena pemberian kopi pada anak kecil adalah seringnya anak-anak buang air kecil. Terlalu sering buang air kecil atau BAK dapat menimbulkan masalah dehidrasi dan menyebabkan ekskresi kalsium dari tubuh. Akhirnya pengaruh hal ini menyebabkan tulang keropos.

  • Gigi Berlubang
Jika anak-anak sudah sering minum kopi sejak kecil, maka mereka akan lebih rentan terhadap masalah gigi berlubang.
Gigi berlubang ini sebagai akibat dari asam dari minuman kopi yang merusak enamel gigi dan dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi pada anak-anak yang bersangkutan.

  • Kurangnya Napsu Makan
Efek samping lain dari kebiasaan minum kopi pada anak-anak adalah menurunnya atau hilangnya napsu makan atau keinginan makan pada anak.
Sebenarnya, pada usia seperti itu, anak-anak tersebut seharusnya diberi vitamin dan mineral untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhannya; bukannya diberi minum kopi.

  • Sulit Konsentrasi
Buat anak-anak yang selalu konsumsi kopi, mereka akan dihadapkan pada persoalan kesulitan konsentrasi atau menjadi tidak fokus pada kegiatan atau aktivitas sehari-hari.
Karena pada dasarnya kopi adalah stimulan (stimulant adalah obat-obatan yang dapat menaikkan tingkat kewaspadaan di dalam rentang waktu yang singkat). Hal itu membuat anak-anak yang sering minum kopi akan mengalami kegelisahan, lekas marah, hipertensi (darah tinggi), dan bahkan menjadi hiperaktif.


Dalam Kondisi Ini, Jangan Minum Kopi
  • Perut Kosong
Dari sejumlah ilmu studi mengatakan bahwa waktu minum kopi yang terburuk adalah pada saat pagi hari dimana pada kondisi itu perut sedang dalam keadaan kosong. Perut kosong akan membuat daerah perut menjadi tidak aman untuk kopi karena akan rawan dan bisa sekali menimbulkan meningkatnya asam lambung.
Kafein yang terkandung di dalam kopi itu yang dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung. Itu sebabnya, beberapa orang yang mengkonsumsi kopi mengeluh rasa perih di lambung atau ulu hati dalam waktu singkat setelah minum kopi.

  • Konsumsi Obat Yang Dapat Mempengaruhi Jantung
Ada baiknya perlu diperhatikan setiap obat yang kita minum, apa obat tersebut dapat mempengaruh kerja jantung atau tidak. Jika seandainya ada, ada baiknya hindari dulu minum kopi agar reaksi obat yang kita minum tidak berinteraksi dengan kafein yang terkandung di dalam kopi yangdapat mempengaruhi kerja jantung secara berlebihan.

  • Saat Minum Minuman Berenergi
Ketika lelah, orang-orang akan selalu berusaha mencari kopi atau minuman berenrgi yang lainnya untuk membantu mencegah rasa kelelahan itu dan mengembalikan stamina yang sudah terkuras.
Tapi perlu disadari bahwa kedua minuman tersebut memiliki fungsi yang sama. Ada baiknya kedua minuman itu jangan dikonsumsi secara bersamaan karena sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

Kopi, Rokok, Dan Kamera Teman Aktivitas Seharian - Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 3

Masalah Kesehatan Karena Minum Kopi
  • Meningkatnya Tekanan Darah Dan Gula Darah
Dari beberapa hasil pernelitian menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi terlalu banyak yang mengandung kafein, maka akan mengalami peningkatan tekanan darah. Efek samping lainnya dari konsumsi kopi yang terlalu banyak adalah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh sehingga sangat beresiko timbulnya berbagai komplikasi penyakit.

  • Perut Mulas
Masalah paling umum yang sering terjadi jika terlalu banyak minum kopi adalah perut mulas. Jadi, saat menikmati kopi kesukaan perlu juga perhatikan kondisi perut agar tidak sampai sakit perut sehingga mengganggu aktivitas seharian.

  • Inkontinensia
Jika dibandingkan pria, 70% dari wanita yang terlampau banyak minum kopi akan menderita inkontinensia.  
Inkontinensia adalah ketidakmampuan seseorang menahan buang air kecil atau BAK yang dapat menyebabkan permasalah sosial, medis, maupun ekonomi yang berkaitan dengan kebersihan atau kesehatan seseorang.

  • Iritasi Lambung
Perlu diketahui bahwa kopi mengandung berbagai senyawa seperti kafein dan asam tertentu yang dapat mengiritasi lambung dan lapisan usus kecil dalam tubuh seseorang.
Sangat disarankan untuk seseorang yang memiliki masalah dengan pencernaan, mungkin sebaiknya menghindari konsumsi kopi biar bisa sehat.

  • Alergi
Ada orang-orang tertentu yang sangat sensitif dengan molekul kafein akan mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal dan nyeri. Jika ada masalah seperti ini maka hindari konsumsi kopi.

  • Gangguan Pencernaan
Ada segelintir orang yang suka minum kopi terkadang mengeluh pada masalah pencernaan, perut, dan susah buang air besar. Hal ini biasanya muncul ketika minum kopi pada saat perut masih dalam keadaan kosong. Untuk menghindari terjadinya hal semacm ini, maka perlu perhatikan dulu keadaan perut sebelum minum kopi.

  • Sakit Kepala
Terkadang tanpa disadari oleh para pengemar kopi bahwa terlalu banyak minum kopi dapat menimbulkan sakit kepala atau migrain.

Kopi, Sahabat Pengusir Sepi - Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 3

Related Posts

Rahasia Dibalik Segelas Kopi - Part 3
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: