Rabu, 18 November 2015

Ketika Tipes Mengganggu

Semua orang ingin sehat. Semua orang ingin bebas bergerak dan beraktivitas. Semua orang tak ingin terkurung sendiri di rumah hanya lantaran sakit. Karena tak ada seorang pun manusia ingin sakit kan?
Pada topik kali ini saya membahas secara khusus  tentang penyakit “Tiphus/Tipes”. Yah, saya berusaha membahas secara detail hal-hal apa yang berkaitan dengan topik ini.
___________________________________________________

Saya berani mengangkat topik ini karena berawal dari diskusi antar teman dalam grup whatsapp yang menginformasikan kalau salah satu keluarganya sedang terserang penyakit Tiphus/Tipes. Saya tergerak untuk memberikan informasi yang saya ketahui seputar penyakit  ini. Oya, saya pede bicara hal ini karena awalnya memang berangkat dari pengalaman pribadi. Dulu saya merupakan salah satu dari sekian penderita penyakit yang satu ini. Puji Tuhan sekarang sudah jarang kambuh meski saya sering melakukan aktivitas atau olahraga yang lumayan berat menurut kategori saya sendiri.

Memasuki masa pergantian musim ini, kita perlu mewaspadai dan menjaga diri agar tidak terserang berbagai penyakit. Terutama  penyakit Tiphus/Tipes yang merebak terlebih dalam kondisi lingkungan yang sangat buruk. Dengan kata lain, kita harus lebih jeli dan ekstra untuk menjaga kesehatan kita sendiri.

Mungkin banyak diantara kita yang belum paham tentang apa, bagaimana, atau seperti apa penyakit. Biar tidak bingung berikut  penjabaran ala saya ya

Tiphus/Tipes
Tiphus/Tipes  merupakan penyakit yang disebabkan gangguan pada pencernaan yang disebabkan oleh kuman atau bakteri salmonella.
Kuman atau bakteri ini berasal dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Tidak heran jika banyak penderita Tiphus/Tipes yang awalnya bermula dari kebiasaan makan tidak teratur dan sembarangan. Kebiasaan ini menyebabkan terjadinya peradangan pada bagian usus besar yang merupakan bagian dari pencernaan.
Salah  satu gejala awal penyakit ini adalah terasa sakit pada bagian perut sebelah kiri di mana merupakan letak usus  duabelasjari. Jika penderitanya sudah parah maka perut dapat mengalami perforasi atau sobeknya dinding usus halus. Dan lebih parah lagi karena dapat juga terjadi infeksi ke rongga perut atau penyebaran kuman ke paru-paru.

Gejala-gejala penyakit Tiphus/Tipes 
  • Tubuh kita mengalami panas tinggi  terutama pada sore dan malam hari. Biasanya pada  pagi hari tubuh seakan  sudah merasa baikan, tetapi  menjelang malam kondisi mulai menurun lagi.
  • Lidah akan terlihat berwarna putih di bagian tengah sedangkan bagian pinggirnya berwarna kemerahan seperti biasa.
  • Sakit perut, mual, muntah, diare, atau terkadang sulit buang air besar
  • Tubuh melemah bahkan sampai hilangnya kesadaran

Penyakit Tiphus/Tipes ini juga kerap ditemukan pada lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Atau pada orang dengan pola hidupnya tidak sehat. 
Pencegahan penyakit Typhus/Tipes
Kata orang, mencegah datangnya suatu penyakit merupakan upaya cerdas daripada harus menunggu penyakit datang terlebih dahulu dan kita repot untuk mengobatinya. 
Cara mencegahnya antara lain:
  • Perbaiki pola hidup dengan lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan dan kesehatan terutama dari makanan yang akan kita konsumsi
  • Perhatikan kondisi air minum dan makanan untuk kehidupan sehari-hari
  • Jika Anda memiliki aktivitas pekerjaan yang sangat sibuk maka seimbangkan dengan kebutuhan nutrisi sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  • Hindari konsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci.
  • Hindari makanan yang sudah disimpan lama di mesin pendingin maupun di ruang terbuka.
  • Perhatikan makanan agar tidak terkena lalat atau potensi kotoran yang lain.
  • Selalu perhatikan gaya hidup yang bersih seperti mencuci buah sebelum dimakan, mencuci tangan sesering mungkin dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat.
  • Jaga daya tahan tubuh jdengan lebih memperhatikan gizi makanan yang baik buat tubuh, tidur teratur, dan jangan lupa olahraga. 
  • Hindarilah makanan yang tidak bersih
  • Cuci tangan sebelum makan.
  • Perhatikan dan jagalah kebersihan lingkungan sekitar
  • Pergilah ke rumah sakit atau puskesmas untuk mendapat vaksinasi khusus untuk mencegah penyakit ini. Karena dengan vaksinasi dapat mencegah kuman masuk dan berkembang biak. 

Obat untuk penyakit Tiphus/Tipes
Obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit Tiphus/Tipes ada bermacam-macam tentunya. Tetapi di sini saya merekomendasikan obat atau cara pengobatan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Mudah-mudahan pengalaman dan obat yang saya gunakan ini cocok juga pada sesama yang mengalami sakit seperti ini.
Dulu obat yang saya gunakan jika sakit Tiphus/Tipes kambuh adalah:
  • Kapsul vermint (kapsul ekstrak cacing tanah). Kapsul ini sangat mujarab sekali. Dan kita bisa peroleh di apotik-apotik di sekitar tempat tinggal kita masing-masing tentunya
  • Jika di tempat anda tidak dijual kapsul ini, saya lebih sarankan untuk menggunakan cara pengobatan tradisional yaitu dengan minum air rebusan cacing tanah. Caranya: cacing tanah dicuci, dimasukkan pada dandang (periuk besar yang biasa digunakan untuk mengukus nasi), nanti air rebusan pada dasar dandang itu yang kita minum (cacingnya dibuang). Mungkin agak jijik tapi percayalah ini amat sangat membantu karena terbukti banyak yang sembuh.
  • Minum vitamin atau suplemen penambah napsu makan karena biasanya penderita Tiphus/Tipes susah sekali untuk makan sebab salah satu gejala yang paling menjengkelkan adalah adanya rasa mual.
Tips Pemulihan untuk Tiphus/Tipes
Perlu kita sadari bahwa tidak ada proses penyembuhan yang instant. Semua butuh proses dan kita pun harus sabar dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut kambuh kembali tentunya. 
Beberapa tips perawatan untuk pemulihan Tiphus/Tipes.
  1. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air juga membantu tubuh agar kembali mendapatkan stamina dan lebih cepat sehat seperti semula.
  2. Hindari konsumsi makanan yang mengandung cabai, bahan tambahan dan berbagai makanan dari santan. Makanan ini bisa membuat kondisi usus yang terkena tipes menjadi lebih buruk.
  3. Konsumsi bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.
  4. Hindari minuman alkohol dan semua jenis minuman yang mengandung kafein agar tubuh lebih sehat
  5. Hindari konsumsi susu dan semua jenis produk susu karena usus masih sangat sensitif.
Sebenarnya penyakit ini tidak terlalu parah, namun jujur sangat menganggu aktifitas kita. Perlu diperhatikan bahwa hal yang sangat penting dan dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. 
Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat menderita. Anda terasa tidak bisa apa-apa. Hal ini saya rasakan dan alami sendiri dulunya.
Saran saya sebelum mengakhiri tulisan ini:
Buat  orang yang pernah mengalami penyakit Tiphus/Tipes sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang sangat melelahkan. Karena akan lebih mudah kambuh kembali. Dan yang sangat perlu dan penting, perhatikan pola makan dan waktu istirahatnya.

Segitu dulu ya, semoga bermanfaat. 


Related Posts

Ketika Tipes Mengganggu
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: