Selasa, 17 November 2015

Belajar Meramal - Part 1

Hai, hari ini saya mulai menulis lagi. Kali ini kita belajar cara mengenal  atau mengetahui sifat dan karakter seseorang. Pasti  kalian semua penasaran kan?


Yah, tak dapat dipungkiri bahwa bisa mengetahui sifat dan karakter seseorang tentunya hal yang sangat mengasyikan dan mungkin jika kamu jujur bahwa kamu berharap agar hal itu bisa ada dalam dirimu kan? Hahaha..saya pun memiliki harapan yang sama jika mau jujur. Apalagi jika bisa mengetahui sifat dan karakter dari orang terdekat kita atau sahabat kita. 

Makanya, mungkin lebih tepat tulisan kali ini saya beri judul “Belajar ‘meramal’  seseorang bersama  “asemolas”.
 __________________________________________________

Ada banyak metode yang dipakai untuk bisa mengetahui  sifat dan karakter  seseorang.  Tapi untuk topik ini  saya khusus melihat dari sisi “tulisan tangan” seseorang saja. Ternyata tanpa kita sadari, setiap tulisan yang di buat mencerminkan kepribadian orang tersebut.

Oya, mungkin kebanyakan kita berpikir bahwa ketika ada seseorang yang bisa menebak sifat dan karakter  seseorang  melalui tulisan maka orang tersebut dijuluki “peramal”.  Yah, mungkin itu boleh di-iya-kan. Tapi sebenarnya untuk mengetahui  sifat dan karakter  seseorang  melalui tulisan tangan itu harus belajar khusus selain “talenta” seseorang dari Tuhan tentunya.

Teknik untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya dikenal dengan istilah Grafologi. Yuk, biar tidak penasaran mari simak penjelasan detailnya.

Apa itu Grafologi?
Grafologi merupakan  suatu ilmu dari cabang psikologi.  Grafologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan.
Istilah grafologi pertama kali digunakan oleh seorang Perancis bernama Michon pada tahun 1875. Kata grafologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu: ‘grapho’  yang berarti  saya menulis dan ‘logos’ yang berarti ilmu.  Tujuan dari grafologi adalah mengungkapkan karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisannya. Kepribadian yang dimaksud termasuk kekuatan diri, kelemahan, dan kelebihannya. Hal ini didasarkan bahwa tulisan tangan muncul dari alam bawah sadar, maka ia memberikan informasi yang sangat berharga untuk menginterpretasikan karakter seseorang.

Memang masih banyak kontroversi mengenai grafologi, karena belum ada bukti-bukti akurat yang menunjukkan keabsahan ilmu ini. Memang belum terbukti secara ilmiah, namun tak ada salahnya juga kita mempelajari ilmu ini. Karena harus diakui bahwa menebak-nebak kepribadian memang seru untuk dilakukan. Apalagi di kalangan remaja kan?

Saran saya sebaiknya  jangan jadikan grafologi sebagai panduan utama dalam menebak kepribadian seseorang, karena masih banyak instrumen dan alat psikologi lain yang lebih ilmiah. Yang diiambil serunya saja ya! Oke, lanjut


Sifat  dan karakter yang bisa dilihat lewat tulisan seseorang

Tulisan yang kecil-kecil

Jika itu terjadi padamu, kemungkinan kamu adalah pribadi  yang suka menyendiri, cenderung pendiam daripada diperhatikan sekeliling. Pemalu, dan tak suka jadi pusat perhatian .
Dan jika tulisanmu sangat rapi dan mudah dibaca, kemungkinan kamu adalah orang yang rajin, pandai, dan memiliki pemikiran yang cemerlang. Ayo sekarang coba perhatikan ukuran tulisan tanganmu.


Tulisan yang besar-besar

Orang yang tulisannya besar-besar  menunjukkan bahwa  yang bersangkutan adalah pribadi yang sangat aktif dan suka cari perhatian di depan banyak orang atau suka menjadi pusat perhatian, banyak tingkah, pecicilan, dan suka pergi kemana-mana.
Tetapi  jika tulisanmu terlampau besar, itu artinya  kamu amat gemar bercerita dan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Maka tak heran jika apa yang diceritakan seringkali ditambahi bumbu ini-itu agar terkesan menarik bagi orang yang mendengarnya.


Huruf miring ke kanan

Jika huruf-hurufmu miring ke kanan, kamu adalah pribadi yang suka bergaul, memiliki banyak teman,  suka dengan tantangan-tantangan baru, dan sangat aktif. Jika ada sesuatu yang tak kamu mengerti, kamu bahkan tak ragu menanyakan kepada yang lebih ahli.
Dengan kata lain, kamu adalah pribadi yang ekstrovert. Ekstrovert adalah kepribadian yang lebih dipengaruhi oleh dunia objektif, orientasinya terutama tertuju ke luar. Pikiran, perasaan, serta tindakannya lebih banyak ditentukan oleh lingkungan.


Huruf miring ke kiri

Tulisan yang miring ke kiri menunjukkan bahwa kamu tak terlalu suka keluar rumah, dan pandai menyimpan emosi dan perasaan-perasaanmu, suka menyendiri. Terkadang kamu  memandang sesuatu hanya menurut pengalaman-pengalaman sendiri.
Atau dengan kata lain, kamu adalah pribadi yang lebih introvert. Introvert adalah kepribadian yang lebih dipengaruhi oleh dunia subjektif, orientasinya tertuju ke dalam.

Huruf miring ke atas atau ke bawah

Kalau  kamu mendapati tulisanmu miring ke atas, mungkin  kamu termasuk  orang yang optimis. Namun, jika tulisanmu miring ke bawah, berarti  kamu sedang capek dan sedih karena  sesuatu hal, entah disadari atau tidak.


Huruf tegak lurus

Buat kamu yang memiliki tulisan tegak lurus artinya adalah pribadi yang netral, punya pendirian kuat, dan lebih suka mengandalkan diri sendiri dalam segala hal. Kamu juga tergolong  pribadi yang cukup sulit diatur. Kamu lebih menyukai kebiasaan dan selalu beranggapan bahwa dirimu adalah milikmu sendiri. Sehingga tak jarang kamu tak menyukai segala sesuatu yang serba teratur.

Huruf miring ke segala arah

Untuk orang yang  mungkin  memiliki tulisan tangan yang miring ke segala arah. Ini menyiratkan perasaan orang yang bersangkutan  masih berubah-ubah.
Bisa dibilang kamu adalah pribadi yang masih labil. Masih sering bertindak menurut kehendak sendiri. Biasanya para remaja cenderung memiliki bentuk tulisan seperti ini, karena  belum tahu kemana langkah dan tujuan hidup nantinya.


Untuk hari ini cukup dulu, besok baru dilanjutkan biar bisa buat kamu penasaran.



Related Posts

Belajar Meramal - Part 1
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: