Senin, 10 Agustus 2015

Tomboy atau Feminim: Be Your Self!!

Tomboy atau Feminim : Be Your Self!!

Sebagai seorang cewek, pastilah selalu dituntut untuk punya wajah ayu, sikap yang lemah lembut, tutur kata yang halus, pandai berdandan, berpenampilan modis, dan banyak hal lain. Namun, ternyata tidak semua cewek bisa seperti itu kan? Karena tidak semua cewek punya karakter yang sama. Sebab sangat terbukti bahwa ada segelintir cewek yang karakter dan penampilannya justru mirip cowok. Untuk karakter tersebut, orang-orang menyebut dengan istilah "tomboy". Penilaian segelintir orang terutama para orang tua; agak miris rasanya jika anak ceweknya memiliki karakter seperti ini. Berbagai saran dan nasehat pasti disampaikan. Cuma, agak susah diubah jika cewek bersangkutan sudah nyaman di zona tersebut. 

Kondisi seperti ini saya alami sendiri. Jujur, saya termasuk tipe cewek tomboy. Entah sejak kapan julukan ini melekat erat dalam diri saya. Atau mungkin karena dulu, saya terlalu menyukai karakter "Anjali Sharma" dalam film "Kuch Kuch Hota Hai" (yang diperankan oleh "Kajol Devgan"). Style dan karakter-nya begitu membekas di ingatan saya. Lucu dan anehnya tanpa disadari saya secara perlahan mengikuti semuanya. Mungkin seperti itu awal mulanya. Hahaha, seperti kisah dongeng sebelum tidur.

Saya menikmati style dan karakter saya, tapi terkadang menimbulkan pertanyaan bahkan keprihatinan buat orang-orang terdekat saya. Yah, karena sampai detik ini, orang-orang yang sayang sama saya selalu memberikan masukan agar saya bisa merubah sedikit penampilan. Dan saya sedang meng-upaya-kannya meski terasa agak sulit, rumit, dan ribet. Yah, saya akui mungkin karena saya sudah nyaman di zona ini. Lagi, lagi, dan lagi itu alasannya.

Oya, mungkin kamu belum tahu jelas atau masih menebak-nebak tipe dan karakter cewek tomboy itu seperti apa? Ada bermacam-macam.. Tapi yang jelas terlihat; lebih suka pakai celana (panjang/pendek) daripada rok, tidak suka dandan, suka berolahraga (terutama jenis olahraga yang mungkin digemari kaum cowok), lebih sering punya teman cowok ketimbang cewek. 

Tomboy atau Feminim : Be Your Self!!

Pasti saat membaca ini kamu mulai menilai cewek-mu / pacar-mu (buat kaum cowok pastinya) atau teman cewekmu, atau saudarimu, apakah dia memiliki dan masuk kategori ini, hahaha.. (upppss, maaf..)

Jujur, buat cewek tomboy, seperti saya; terkadang merasa minder jika harus menghadiri suatu acara yang menuntut penampilan modis. Yah, sebut saja resepsi pernikahan teman/keluarga atau acara lain yang sifatnya formal. Sangat tidak mungkin kan jika saya harus ber-penampilan seperti dalam aktivitas keseharian saya: kaus oblong/kemeja + celana jeans + kaos kaki + sepatu kets + rambut dikuncir?? Ntar kesan tamu yang lain: cewek ini benar-benar aneh, tidak tahu aturan berpakaian, dan sebagainya. Duuuhhh, mau taruh dimana muka saya ini.. 

Makanya, kadang jika sedang sendiri dan di waktu senggang saya belajar dandan.. Nonton video tentang cara berdandan atau hal-hal lain yang bisa menghasilkan cewek feminim dengan tampilan modis. Hahaha, terkadang saya merasa lucu dan geli sendiri. Namun, begitulah kenyataan yang terjadi. 

Tapi ada hal positif  ketika berada di posisi saya sebagai seorang cewek tomboy (menurut saya pribadi, yah). Hal positifnya, pada dasarnya cewek tomboy itu punya kepribadian yang tangguh, easy going, dan tidak neko-neko. Yah, itu nilai plusnya (menurut saya). 

Namun, di sisi lain sebagai cewek, kadang miris juga kalau di saat tertentu sang Pujaan hati berkata: "Coba sesekali kamu belajar dandan dan pakai gaun karena saya penasaran pengen lihat juga, Beb?". Kalau sudah seperti itu, pasti jawabnya: "iya, saya coba besok ya.. (sambil senyum dan garuk-garuk kepala yang sebenarnya tidak gatal). 

Tomboy atau Feminim : Be Your Self!!

Kalau sudah seperti itu, repot dan ribet ceritanya kan? Tapi dari kenyataan itulah tumbuh niat dan tekad untuk perlahan-lahan belajar kebiasaan yang dilakukan cewek pada umumnya.. Dan itu yang saya lakukan saat ini; belajar menjadi cewek modis meski mungkin di mata teman-teman terkesan janggal.. Hehehe..

Upppss, sudah tir jelas ini pembicaraannya. Oya, saya bisa tahu bahwa saya masuk kategori cewek tomboy, karena hal-hal berikut ini..   

  1. Saya mengaku agak alergi dengan hal-hal yang ber-bau cewek, semisal: gaun, rok, baju ketat, aksesoris cewek, alat-alat makeup, sepatu berhak tinggi. Dengan alasan yang macam-macam tentunya ketika diminta untuk mencoba. Contohnya ketika saya diminta seperti ini: "Kak, cobalah sesekali pakai sepatu tinggi biar modis kelihatannya". Jawab saya (yah, lebih tepatnya alasan saya): "Duhhh, saya tidak bisa jalan kalau pakai heels; nanti kaki saya lecet; atau saya tidak pede dan takut jatuh". Yah, begitu sudah.    

  2. Dalam keseharian penampilannya lebih cendrung menggunakan: celana jeans, kaos gombrong, jaket, sepatu kets, terkadang menggunakan topi, dan wajah polos tanpa sapuan kosmetik. Sehingga sudah pasti panik dan bingung ketika dapat undangan dari teman untuk hadir di suatu acara resepsi karena dalam keseharian penampilannya sudah seperti itu.

  3. Coba cek isi lemarinya: pasti lebih banyak kaos oblong dengan warna-warna seputar; hitam, putih, abu-abu, coklat..tapi dominan hitam atau putih. Alasannya pasti simple, itu warna kesukaan saya. Hehehe. 

  4. Karena saya orang nya tidak mau ribet; jadi tidak usah kaget kalau bertandang ke kamar saya. Pasti di sana tidak akan kamu temukan barang-barang unik seperti: boneka atau wallpaper unik atau hal lain yang biasanya menghiasi kamar cewek. 

  5. Lebih dominan melakukan aktivitas atau olahraga yang dilakukan kaum cowok. Dan bahagia sekali jika tv di kamarnya bisa menyiarkan acara bola. Hahaha

  6. Merasa canggung jika diharuskan kumpul dengan teman cewek. Kalau hal itu terjadi maka dalam benak dan hati menjadi kacau balau karena berbagai rasa berbaur jadi satu, kayak permen nano nano deh.. Bingung tidak tahu harus bagaimana bersikap. Harus memulai dari mana jika membuka pembicaraan. Waduuuuhhh, pusing jadinya.

  7. Karena mempunyai karakter mirip cowok, membuat cewek tomboy memiliki pribadi yang kuat, matang, tenang, penuh perhitungan dan siap dengan segala tantangan dalam hidup. Mungkin hal ini yang membuat saya tetap bertahan di sini. Hehehe.

    Tomboy atau Feminim : Be Your Self!!

    Mungkin itu beberapa hal yang bisa saya sharing-kan berkaitan dengan cewek tomboy. Jadi, tak perlu kaget jika suatu saat kamu menemukan teman atau bahkan pujaan hatimu yang memiliki kriteria seperti yang saya sampaikan tadi.

    Namun satu hal yang pasti, bahwa meskipun teman atau pasangan-mu termasuk cewek tomboy, yakinlah bahwa mereka tetap memahami dan menyadari kodrat-nya sebagai seorang perempuan. Dimana mereka tetap merasa tertarik akan lawan jenisnya. Cuma terkadang unik, karena mereka lebih suka langsung menyatakan perasaannya ketika tertarik pada lawan jenisnya tanpa basa basi. Dan, meski tomboy dan terkesan cuek, mereka juga sangat paham bahwa suatu hari kelak akan menikah dan menjadi istri serta ibu bagi calon anak-anaknya kelak.  

    Yah, satu hal yang selalu saya sadari dan ingat sepanjang hidup bahwa: "pilihan hidup yang terbaik adalah saat berani untuk menjadi diri sendiri". Dimana ketika banyak orang sibuk berpura-pura agar terlihat keren dan disukai banyak orang, saya justru memilih cara lain untuk menjalani hidup. Pilihan saya adalah tampil sebagai ‘apa adanya’. Yang penting saya nyaman, tidak mengganggu orang lain, dan bisa membuat pasangan saya bahagia memiliki saya.

    Tomboy atau Feminim : Be Your Self!!

    Terakhir pesan buat kamu, tak ada yang menghakimi-mu tentang bagaimana cara dan gayamu dalam keseharian. Apakah menjadi tomboy atau feminin, kamu berhak jadi dirimu sendiri.

    Semoga cerita saya bisa bermanfaat buatmu semua!!

    ***                                                                                            

Related Posts

Tomboy atau Feminim: Be Your Self!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: