Rabu, 09 Maret 2016

Efek Posisi Tidur

Perlu diperhatikan dan diingat bagaimana posisi kamu saat tidur. Karena posisi tidur kamu sangat mempengaruhi kesehatanmu. Posisi tubuh kamu saat tidur juga sangat mempengaruhi kondisi kamu setelah bangun tidur. Sebab ketika tubuh kamu lelah dan butuh istirahat (atau tidur) selalu dengan harapan setelah bangun kondisi fisik akan segera segar dan fit kembali.

Tidur Teratur Sangat Penting

Berikut ini asemolas akan mengulas tentang bagaimana kebiasaan atau posisi tidur yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Disimak karena mungkin hal ini dapat bermanfaat buat diri dan hidupmu.

Mengapa Posisi Tidur?
Telah kita ketahui bahwa tidur atau istirahat sangatlah penting buat tubuh manusia. Dengan tidur atau istirahat, segala rasa lelah yang mengerogoti tubuh akan hilang dan setelah bangun stamina tubuh kita akan segar kembali dan siap untuk mulai bergumul lagi dengan rutinitas sehari-hari. Dengan tidur atau istirahat yang cukup dan teratur sangat membantu tubuh memproduksi atau menghasilkan sel di dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi sirkuit otak. Saat tidur atau istirahat juga tubuh membantu memperlancar proses kerja hormon didalam tubuh.

Semua orang butuh tidur atau istirahat. Tidak akan ada yang mengelak soal itu karena memang pada dasarnya manusia butuh waktu untuk tidur. Berdasarkan hasil penelitian yang ada tentang pentingnya waktu tidur, bahwa manusia manapun selalu membutuhkan waktu tidur di malam hari. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak agar bisa segar dan digunakan lagi di keesokan harinya dan yang paling penting agar bisa kembali berfungsi dengan baik.

Agar bisa segar. fit, dan bersemangat kembali setelah bangun tidur maka perlu dipelajari dan diperhatikan posisi tidur yang baik. Posisi tidur yang baik dan benar sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Waktu normal untuk orang dewasa tidur atau istirahat adalah 7atau 8 jam per hari.

Posisi tidur seseorang juga sangat mempengaruhi tubuh baik itu dari sisi positif maupun negatif. Posisi tidur juga dapat mempengaruhi integritas tulang punggung seseorang. Namun satu hal  yang selalu diingat bahwa kamu tidak akan pernah bisa mengubah posisi tidur  seseorang dalam waktu yang singkat.

Macam-macam Posisi Tidur
Posisi tidur terlentang tanpa bantal (ganjalan)
Posisi tidur seperti ini merupakan posisi tidur yang ideal. Dimana saat tidur posisi tubuh kamu telentang langsung di alas tidur yang rata atau posisi tidur dengan punggung. Posisi tidur terlentang ini dapat membantu kepala, tulang punggung, dan leher agar terus menjaga posisi netral.

Kebaikan dari posisi tidur ini adalah:
  • Menghindari dan menjaga agar tidak ada gangguan misalkan sakit punggung dan sakit leher setelah bangun tidur.
  • Menjaga agar bentuk payudara tetap baik pada perempuan
  • Agar kulit wajah tidak mengendur
  • Mampu menyeimbangkan berat badan
  • Menjaga keselarasan tubuh bagian dalam
Keburukan dari tidur terlentang:
Buat kamu yang pada saat tidur suka mendengkur atau ngorok, ada baik menghindari posisi tidur terlentang. Sebab akan terjadi penyempitan pada daerah tenggorokan yang dapat menghasilkan turbelensi udara yang menimbulkan suara mendengkur atau mengorok.

Posisi Tidur Santai

Posisi tidur miring
Untuk kamu yang sudah terbiasa tidur dengan posisi miring, biasakan untuk mengambil posisi miring ke arah kanan. Sebab jika kamu lebih sering tidur dengan posisi miring ke kiri maka hal itu akan membebankan jantungmu oleh berat badan kamu. Pada saat posisi tubuh miring ke kiri membuat jantung cepat lelah karena terlalu berat memompa dengan waktu yang lumayan lama.

Kebaikan dari posisi tidur miring adalah:
  • Terhindar dari suara dengkuran atau tidak lagi mengorok
  • Tidak akan mengalami sakit perut dan masalah asam lambung
  • Untuk ibu hamil sangat cocok untuk tidur dengan posisi ini
  • Dapat melancarkan sirkulasi darah menuju jantung
Keburukan posisi tidur miring:
  • Membatasi peredaran darah dan menekan saraf jika tidur posisi miring dengan kepala atau tubuh dibebankan pada satu lengan. Yang mana akan menyebabkan akan timbulnya rasa sakit atau kamu merasa tangan dan lenganmu seperti ditusuk-tusuk dan mati rasa sejenak (seperti kesemutan).
  • Dapat menyebabkan tekanan pada daerah perut dan paru-paru
  • Terkadang dapat menimbulkan pengaruh yang tidak baik untuk otot dan saraf
  • Bisa menyebabkan penyempitan pada leher dan otot bahu karena tidur dengan posisi ini membuat bahu lebih banyak mendukung berat beban tubuh

Posisi tidur tengkurap
Posisi tidur tengkurap dimana posisi perut berada di bawah. Posisi ini adalah posisi tidur yang paling buruk.

Kebaikan posisi tidur tengkurap:
  • Sangat cocok untuk orang yang suka mendengkur atau ngorok. Karena saluran udara akan terbuka lebih lebar
  • Untuk kamu yang sering merasa sakit leher dan punggung ketika bangun, cobalah posisi tidur tengkurap. Hal ini akan membantu kamu untuk terhindar dari sakit leher dan punggung
Keburukan dari posisi tidur tengkurap:
  • Posisi tidur seperti ini dapat memberikan tekanan pada sendi dan otot sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau kesemutan
  • Leher terasa pegal jika terlalu lama tidur dengan posisi kepala hanya menghadap ke satu arah saja.

Posisi tidur  mirip bayi
Kebaikan dari posisi ini adalah:
  • Dapat mencegah masalah mendengkur untuk kamu yang jika tidur selalu mengorok atau mendengkur
  • Mencegah gejala-gejala sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang mengganggu pernapasan seseorang pada saat tidur. Kondisi ini merupakan penyakit serius jika tidak segera ditangani pihak medis karena dapat menyebabkan seseorang bisa berhenti bernapas.
Keburukan posisi ini:
  • Posisi ini dapat merusak kelengkungan punggung
  • Cara tidurnya sangat berdampak negatif  bagi pertumbuhan tubuh

Terlepas dari manfaat dan kerugian posisi tidur  bagi kesehatan seseorang, cara serta posisi tidur seseorang biasanya didasarkan pada rasa nyaman ketika tidur. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba posisi tidur yang lain.

Tidur Dapat Membuat Kita Sehat

Related Posts

Efek Posisi Tidur
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: