Jumat, 24 April 2015

Salah Tidur, Tubuh Cepat Gemuk

"Badannya bagus banget... Seksi. Semua pakaian terasa cocok di tubuhnya..."
"Iya, benar banget.. Aku jadi iri sama dia. Apa resepnya biar tubuh bisa kayak dia ya.."
"Yuk, kita berani aja nanya langsung sama dia, siapa tahu dia mau berbagi ilmu sama kita.."
"Ayooo...'
 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Itu sepenggal obrolan yang bergulat di seputar perempuan... Yah, masalah gemuk atau pengen langsing tidak akan terjawab jika kamu tidak pernah paham apa penyebab utama tubuhmu bisa gemuk.
Pada dasarnya, semua orang ingin punya tubuh yang ideal. Tidak hanya kaum perempuan, tapi kaum lelaki pun mengalaminya.
Gemuk memang sangat tidak enak. Kenapa demikian? Karena jadi cepat lelah jika beraktivitas yang terlalu berat. Susah memilih pakaian yang cocok. Dan sebagainya..
Berangkat dari hal itu, membuat semua orang berlomba-lomba pengen langsing atau paling tidak memiliki tubuh ideal.

Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga atau gym. Minum obat pelangsing; atau yang lainnya. Namun tanpa disadari terkadang menurunkan berat badan lebih berkaitan dengan tempat tidur.  Terasa janggal kan???
Ternyata, bukan cuma dengan olahraga  berat badanmu terjaga; tetapi pola tidur  sangat  berkaitan dengan berat badan.

Pola tidur yang kurang teratur dapat  membantu menaikkan berat badanmu alias gemuk. Kadang ini hanya hal sepele yang banyak diabaikan orang. Kebanyakan orang tak sadar bahwa  dengan meremehkan masalah tidur, membuat diri mereka sendiri lebih gemuk.

Biar kamu tidak menebak atau mencari-cari kesalahan tidur itu, berikut penjelasannya, seperti dilansir oleh Fit Sugar...

  • Tidur bukan prioritas
Kebanyakan dari kita meremehkan waktu tidur. Kita lebih memilih melakukan kegiatan lain ketimbang tidur. Tanpa disadari waktu kurang tidur  bisa membuat orang lebih cepat gemuk. Kok bisa??
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan orang yang cukup tidur.
Jika kamu terbiasa kurang tidur,  kamu juga akan terbiasa mengonsumsi lebih banyak kalori yang membuat cepat gemuk.
  • Kualitas tidur rendah
Terkadang karena kelelahan kamu jadi tidur tepat waktu, tapi  sering terbangun di malam hari dan tidur sering terganggu, itu berarti kualitas tidur kamu tak baik.
Kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan tubuhmu cepat gemuk. Kualitas tidur seperti ini disebabkan banyak hal. Bisa karena kecemasan, stres, banyak beban, dan lainnya.
Biar waktu tidur lebih berkualitas, sebaiknya buatlah tubuhmu rileks sebelum tidur.  Salah satu caranya dengan mematikan segala bentuk elektronik, atau lakukan meditasi singkat. Percayalah cara ini bisa membantu..
  • Tak bisa tidur sebelum ngemil
Beberapa orang memiliki kebiasaan takkan bisa tidur jika belum  ngemil (makan makanan ringan). Kukatakan bahwa ini kebiasaan yang sangat buruk. Jika kamu merasa nyaman dengan kebiasaan itu, maka ku sarankan tak usahlah berkhayal memiliki tubuh yang ideal. Karena kebiasaanmu membuat tubuhmu cepat gemuk. Hal itu juga sekaligus menyebabkan kebiasaan yang tak sehat karena kalori yang dikonsumsi setiap hari menjadi berlebihan.

  • Bangun terlalu siang
Ini mungkin kebiasaan yang sering kamu lakukan di hari libur. Saat hari libur fisikmu seakan-akan dibuat untuk benar-benar istirahat. Salah satu cara istirahatnya dengan bangun lebih siang dari biasanya.
Alangkah lebih baik jika waktu itu kamu gunakan untuk  berolahraga. Karena hanya berolahraga membuat tubuhmu segar lagi..


Di atas tadi merupakan beberapa kesalahan terkait pola tidurmu. Dari sini kamu tahu bahwa pola tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan tubuhmu cepat gemuk.
Kalau seandainya kamu sering melakukan kesalahan di atas; saranku segeralah diperbaiki... Lebih diperhatikan lagi kualitas dan waktu tidurmu, jangan ngemil sebelum tidur, dan bangunlah lebih pagi di waktu senggang agar kamu bisa olahraga... Tak perlu yang berat, cukup olahraga ringan saja..

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Sumber : Merdeka.com

Related Posts

Salah Tidur, Tubuh Cepat Gemuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: