Rabu, 10 Februari 2016

Tips Berhenti Merokok

Perempuan Dan Rokok - By Molas
"Dilarang menjual/memberi pada anak usia dibawah 18 tahun dan perempuan hamil.
Peringatan: merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, kanker mulut, atau serangan jantung"
----------------------------------------------------------------------

Sisa - sisa Rokok - By Molas
Buat kamu yang suka me-rokok, kalimat di atas sudah tak asing lagi. Sederet kalimat yang tertera di bungkusan rokok, yang saat ini dibuat dengan tampilan berbeda. Kalimat itu hanya merupakan hiasan untuk mempercantikan kemasan rokok, karena jarang sekali dipatuhi; yang ada malah dijadikan bahan olok-olokan.

Di zaman sekarang ini, bukan cuma pria yang merokok, banyak juga wanita merokok bahkan tanpa canggung di depan umum. Yah, mungkin karena zaman sudah makin canggih atau apalah. Tapi semua itu merupakan kebebasan dari tiap individu.
Pria Dan Rokok - By Molas
Menurut para ahli, rokok merupakan penyebab berbagai penyakit serius. Seperti kalimat yang tertera pada bungkusan rokok atau kalimat pengantar pada tulisan ini.
Banyak orang mengetahui tentang bahaya merokok. Namun masih tetap banyak perokok aktif yang tidak peduli tentang hal tersebut.

Pada bagian ini yang ingin saya tampilkan adalah cara-cara berhenti rokok. Mungkin hal ini bisa bermanfaat dan membantu jika ada diantara kamu yang ingin berhenti merokok.

Butuh keinginan dan tekad yang kuat
Buat seorang perokok aktif dan sudah kecanduan dengan rokok, berhenti merokok memang akan terasa sangat berat dan sulit. Meskipun hanya sebentar, pasti akan terasa sukar. Tidak ada yang tak mungkin kata sang bijak. Yang dibutuh dari ini hanyalah keinginan yang dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok.
Orang Tua Dan Rokok - By Molas
Minta bantuan teman dan keluarga
Sampaikan niat dan keinginan kamu untuk berhenti merokok kepada keluarga dan temanmu. Karena  kamu bentuk dukungan dari keluarga dan teman dekatmu sangat berarti buatmu untuk membantu proses berhenti merokok. Minta mereka untuk bantu mengingatkan di saat kamu lupa dan mulai merokok lagi. Dan ada baiknya kamu menghindar dulu dari keluarga atau teman-teman yang merokok, karena tidak mungkin kamu melarang mereka merokok di depan kan. Itu mungkin bisa dilakukan, tapi agak susah. Ini bisa menjadi salah satu awal yang baik untuk bisa berhenti merokok. Hal terpenting adalah ini akan membantu menguatkan tekadmu untuk berhenti merokok ketika kamu memperoleh dukungan yang banyak datang dari orang yang kamu sayang seperti keluarga dan teman terdekatmu.
Asap Rokok Dan Penyakit - By Molas
Atur target waktumu

Jika kamu sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan target waktu untuk benar–benar bisa berhenti merokok. Pastinya kamu tidak bisa langsung berhenti begitu saja, karena merupakan hal yang sangat sulit dan akan terasa menyiksa.
Saran buatmu, jika kamu ingin berhasil untuk berhenti merokok maka kamu bisa mulai dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, namun kamu juga diharuskan untuk menentukan waktunya. Buatlah target waktu sekitar 2 – 3 minggu untuk benar–benar bisa berhenti dan tidak merokok.
Yakinlah, ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk berhenti merokok tanpa harus membuat tersiksa, sebab kamu telah menjalankannya secara bertahap dan waktu yang sudah ditargetkan tentunya. Pahami apa yang akan dirasakan pada tahap awal berhenti merokok dan bertahanlah dalam situasi itu. Buat sebagian orang, pada awalnya terasa sulit bertahan tanpa rokok dan sebagian merasa putus asa lalu kembali lagi merokok. Di awal proses berhenti merokok, kamu akan menjadi orang yang mudah tersinggung, kurang tidur, dan sedikit tertekan. Ini merupakan efek dari ketagihan nikotin yang terkandung dalam rokok. Setelah kamu bisa melewati fase itu, maka dalam beberapa hari kondisi akan membaik.
Ketika Perempuan Merokok - By Molas
Dimulai dari cara yang mudah
Cara mudah yang dimaksud adalah dengan cara memberikan tanda untuk keadaanmu. Jika kamu sedang dalam kondisi yang sangat stress maka kamu diperbolehkan untuk merokok, namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Kamu bisa merokok dengan kadar yang dikurangi, jadi tidak sama dengan porsi yang dulu. Jika kamu dulunya jika sedang dalam kondisi stress mampu menghabiskan rokok dalam satu bungkus dengan cepat, untuk saat ini cobalah hanya merokok lima batang dalam satu hari. Namun jika kondisi anda baik–baik saja dan tidak dalam keadaan stress, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi sama sekali.
Jadi kamu merokok dalam keadaan tertentu dan sebutuhnya saja. Hal ini bisa sangat membantu kamu untuk berhenti merokok dengan  mudah.

Hilangkan mitos merokok
Setelah merokok, tubuh dan otak mulai membutuhkan nikotin dan banyak orang merasa tidak nyaman sampai menghisap rokok kembali. Bagi sebagian orang mungkin berpendapat bahwa rokok dapat memberikan kesenangan, namun kesenangan itu hanyalah efek ketagihan. Ingat dan camkan satu hal bahwa rokok bukan sahabat, melainkan parasit yang menyedot perhatian terus menerus.
Bahagia Di Saat Rokok - By Molas
Pertimbangkan dana yang telah dikeluarkan
Harga sebungkus rokok untuk saat ini diatas sepuluh ribuan. Dalam jangka pendek jumlah tersebut sangat kecil. Namun cobalah hitung, jika satu hari kamu habiskan satu bungkus, setidaknya dalam setahun berapa uang yang habis terbuang?

Buatlah daftar alasan berhenti merokok
Tiap orang memiliki alasan yang berbeda jika ingin berhenti merokok. Setidaknya kamu tahu apa yang diharapkan jika berhasil berhenti merokok.
Pria Dan Dunianya - By Molas
Buat hari khusus untuk memulai hidup bebas rokok
Masing-masing orang punya cara dan niat sendiri untuk berhenti merokok. Beberapa orang membuat patokan awal tahun memulai kehidupan baru tanpa rokok. Beberapa orang mulai tepat saat berulang tahun.

Minum lebih banyak air putih
Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan sangat membantu membuang racun rokok dalam tubuhmu dengan cepat. Selain itu juga, mengkonsumsi air putih juga bisa membantu kamu untuk berhenti merokok karena sangat tidak nikmat rasanya jika merokok ditemani air putih. Perbanyak minum air putih, selain bagus untuk kesehatan tubuh, air putih juga akan sangat membantu kamu untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok yang bisa merusak kesehatan tubuhmu.
Perempuan Dan Hidupnya - By Molas
Itu beberapa cara untuk bisa berhenti merokok jika memang kamu punya niat dan tekad untuk melakukannya. Jika kamu tidak bisa langsung berhenti merokok, maka mulailah dengan mengurangi jumlah rokok yang kamu hisap setiap harinya. Semoga bermanfaat.
Rokok Pelengkap Aktivitas - By Molas

Sumber : Sehat Satu

Related Posts

Tips Berhenti Merokok
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Ingin berlangganan artikel Ase Molas? Silahkan daftarkan email Anda di bawah ini: